Selasa, 17 Januari 2017

cfd CFD

Southwest Belum Tergoda untuk Pungut Biaya Bagasi

Jumat, 25 Oktober 2013 10:20 WIB
Dibaca 386

Monexnews - Tidak banyak maskapai penerbangan yang masih menggratiskan biaya bagasi kepada penumpangnya. Di Amerika Serikat, hanya ada dua perusahaan yang masih enggan memungut biaya untuk bagasi rute domestik, yakni JetBlue Airways dan Southwest Airlines.

Khusus untuk Southwest, kebijakan 'bags fly free' sudah menjadi pilar promosi perusahaan sampai sekarang. Meskipun maskapai lain sudah memungut biaya untuk bagasi, CEO Gary Kelly dalam pernyataan terbarunya mengatakan belum akan mengubah kebijakan itu setidaknya hingga akhir tahun depan. Dengan demikian, calon penumpang tidak perlu takut akan adanya pungutan bagi kelebihan barang bawaan saat bepergian memakai pesawat domestik Southwest.

Terlepas dari penegasannya itu, di sisi lain Kelly juga tidak ingin konsumen menilai Southwest akan selalu menuruti keinginan mereka. "Penumpang harus mengerti kamu tidak bisa 'gila-gilaan' dalam menyenangkan hati mereka," tutur CEO Southwest. Statement ini dapat diartikan bahwa maskapai Amerika tersebut juga tidak menutup kemungkinan untuk memungut biaya bagasi di masa depan.

Pengamat maskapai sendiri menilai Southwest tidak perlu mati-matian mempertahankan kebijakannya itu karena dapat mengurangi marjin keuntungan. Sebagai catatan, seluruh maskapai di Amerika mampu mengumpulkan uang sekitar $3.5 miliar atau Rp38 triliun hanya dari biaya bagasi. Jumlah tersebut jauh melampaui catatan tahun 2007 yang hanya sebesar $464 juta atau setara Rp5.1 triliun. "Tidak ada alasan mengapa Southwest harus tetap menggratiskan biaya bagasi," kilah Hunter Keay, Analis di perusahaan riset maskapai Wolfe Research. Terlebih lagi konsumen zaman sekarang sudah memahami pentingnya biaya bagasi dan tidak keberatan selama jumlahnya masuk akal. Menurut survei yang diadakan oleh J.D Power & Associates, sebanyak 12.000 penumpang yang diwawancarai menyatakan tidak bermasalah dengan biaya bagasi. Jumlah responden yang menilai biayanya sesuai dengan layanan mencapai 37% atau naik dibandingkan hasil survei tahun 2011 yang hanya 18%. Jadi, patut ditunggu apakah Southwest akan bersikukuh menggratiskan biaya bagasi atau tergoda untuk mengambil kebijakan yang sama dengan maskapai-maskapai rivalnya.


*Harga saham Southwest Airlines (NYSE:LUV) ditutup pada posisi $17.02 atau naik 3.72% semalam (Kamis 24/10) dibandingkan harga pembukaan. 

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar