Sabtu, 25 Maret 2017

cfd  CFD

TV Kabel Time Warner Akhirnya 'Berjodoh' dengan Comcast

Kamis, 13 Februari 2014 14:03 WIB
Dibaca 791

Monexnews - Setelah kesulitan mencari investor baru dalam beberapa bulan terakhir, Time Warner Cable akhirnya mendapatkan pembeli. Comcast Corp resmi mengambilalih perusahaan tv kabel ini dengan mahar senilai $45.2 miliar.

Comcast dan Time Warner merupakan dua operator tv kabel terbesar di Amerika Serikat dan penyatuan bisnis keduanya akan memperkuat basis konsumen di negara tersebut. Direksi kedua perusahaan telah sepakat dengan nominal akuisisi dan pengumumannya akan dirilis pada hari Kamis pagi waktu Amerika.

Dengan tuntasnya kesepakatan pembelian, maka Comcast resmi mengakhiri spekulasi soal pemilik baru Time Warner yang sudah berlangsung selama delapan bulan terakhir. Pihak Comcast dilaporkan sangat puas dengan unit bisnis barunya karena bisa menjamin posisi mereka sebagai penyedia layanan tv kabel terbesar dalam skala nasional. Proses finalisasi kini tinggal menunggu persetujuan formal dari pihak pengawas pasar modal dan pemerintah.

Sesuai perjanjian, pemegang saham Time Warner akan menerima kenaikan harga sahamnya menjadi $158.82 atau $23 lebih mahal dibandingkan valuasi harganya saat ini di lantai bursa. Comcast sesungguhnya bukan pembeli favorit dalam proses penjualan Time Warner. Charter Communications lebih dahulu mengajukan penawaran resmi dengan sodoran proposal $130 per saham termasuk uang tunai senilai $83 per saham. Namun Time Warner menolak mentah-mentah seraya menyebut tawaran Charter sebagai 'penghinaan' karena nilainya terlalu murah. Chairman dan CEO Time Warner Cable, Rob Marcus, mengatakan kalau pihaknya hanya bersedia mendengarkan tawaran merjer di kisaran $160 per saham termasuk $100 dalam bentuk tunai untuk setiap unit saham. Sampai kemudian datanglah Comcast dengan tawaran yang lebih baik sehingga proses akuisisi akhirnya bisa dituntaskan.


[Harga saham Time Warner Cable (TWC) ditutup pada posisi $135.31 semalam (Rabu 13/02) atau menguat 0.30%. Sementara saham Comcast (CMCSA) ditutup naik 0.11% pada sesi after-hours.]

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar