Selasa, 22 Agustus 2017

cfd  CFD

Visa dan Mastercard Blokir Kartu Kredit Nasabah 3 Bank Rusia

Senin, 24 Maret 2014 11:03 WIB
Dibaca 1036

Monexnews - Sanksi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat dan sekutunya mulai diterapkan oleh beberapa perusahaan, terutama yang bergerak di sektor keuangan. Visa dan Mastercard dilaporkan telah menutup fasilitas kredit bagi nasabah dari bank-bank yang pemiliknya akrab dengan pemerintah Moskow.

Tiga bank asal Rusia pada akhir pekan lalu melaporkan bahwa kartu kredit terbitannya yang berlabel Visa dan Mastercard sudah tidak bisa dipergunakan. Nasabah Bank Rossiya, Sobinbank dan SMP Bank untuk sementara waktu tidak bisa memakai kartu kreditnya untuk transaksi apapun dan calon pemohon juga tidak bisa mengajukan permohonan kartu baru.

Meskipun tidak disertai oleh komentar resmi dari Visa dan Mastercard sebelum kebijakan itu, penutupan akses transaksi sudah diduga sebelumnya karena bank-bank asal Rusia tersebut memang masuk dalam daftar perusahaan black-list. Sejak blok barat memutuskan untuk memberikan sanksi kepada individu dan pelaku bisnis yang punya hubungan dekat dengan pemerintah Rusia, beberapa perusahaan keuangan Amerika mulai memperketat aturannya. Mastercard mengakui pihaknya memang menutup segala bentuk layanan kepada nasabah Bank Rossiya, Sobinbank dan SMP Bank sesuai instruksi pemerintah pusat. Sobinbank sendiri merupakan anak usaha Rossiya atau salah satu bank yang dekat dengan tampuk kekuasaan di Rusia. Sementara SMP Bank dimiliki oleh dua tokoh bisnis yang juga dikenal sangat dekat dengan pemerintahan Vladimir Putin.

Begitu banyak perusahaan, bank hingga individu yang meminjam uang kepada perusahaan barat termasuk melalui kartu kredit. Total hutang Rusia kepada perbankan asal Amerika dan Uni Eropa bahkan tercatat mencapai $732 miliar di akhir 2013 lalu, atau melonjak $200 hanya dalam dua tahun. Namun kini rekor pinjaman tersebut sepertinya sulit terulang karena perusahaan finansial dan bank tentu harus berpikir ulang dalam memberikan modal kepada warga dan perusahaan asal Rusia. Mereka tentu tak ingin melawan titah Washington tentang penutupan segala akses keuangan bagi individu dan perusahaan yang pro dengan kebijakan Moskow.


[Harga saham Visa (NYSE:V) ditutup pada posisi $223.37 atau menguat 0.70% pada sesi perdagangan reguler hari Jumat lalu (21/03)]

[Harga saham Mastercard Inc. (NYSE:MA) ditutup pada posisi $75.99 atau melemah 3.09% pada sesi perdagangan reguler hari Jumat lalu (21/03)]

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar