Sabtu, 21 Oktober 2017

cfd  CFD

Visa-Mastercard Buka Akses Transaksi Hanya di 2 Bank Rusia

Selasa, 25 Maret 2014 11:45 WIB
Dibaca 568

Monexnews - Visa dan Mastercard dilaporkan telah membuka akses transaksi dengan dua bank asal Rusia, SMP Bank dan InvestCapitalBank mulai awal pekan ini. Namun layanan bagi nasabah dua bank lainnya belum kembali normal.

"Sekarang semuanya sudah berjalan normal," tutur juru bicara InvestCapitalBank, yang mengaku layanan transaksinya kembali normal sejak hari Minggu (23/03). InvestCapitalBank termasuk dalam bank yang masuk daftar pemutusan hubungan bisnis perusahaan Amerika karena dua pemilik mayoritasnya, Arkady Rotenberg dan Boris Rotenberg, dianggap sebagai tokoh bisnis yang pro kepada pemerintah Moskow.

Sementara pembukaan akses transaksi oleh SMP Bank dilakukan oleh Mastercard setelah berkonsultasi dengan bdan keuangan pemerintah Amerika Serikat. Menurut juru bicara Mastercard, pihaknya harus berbicara dahulu dengan regulator karena kondisi sekarang termasuk dalam situasi khusus. "Kami akan terus berdialog dengan pihak pemerintah agar sanksi tidak berdampak terlalu besar bagi pasar keuangan Rusia," ujar Mastercard dalam pernyataan resminya. Sementara pihak Visa belum mengeluarkan komentar apapun terkait laporan ini.

Sementara untuk Rossiya dan anak usahanya, Sobinbank, sanksi tetap berlaku mengingat dua perusahaan ini jelas-jelas dimiliki oleh lingkaran dekat presiden Vladimir Putin. Bank Rossiya memang hanya bank urutan ke-17 di Rusia untuk urusan jumlah aset, namun lingkup bisnisnya sangat menggurita di sektor migas.

Seperti diberitakan kemarin, sanksi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat dan sekutunya mulai diterapkan oleh beberapa perusahaan, terutama yang bergerak di sektor keuangan. Visa dan Mastercard dilaporkan telah menutup fasilitas kredit bagi nasabah dari bank-bank yang pemiliknya akrab dengan pemerintah Moskow sejak akhir pekan lalu.

Tiga bank asal Rusia melaporkan bahwa kartu kredit terbitannya yang berlabel Visa dan Mastercard sudah tidak bisa dipergunakan pada hari Sabtu kemarin. Nasabah Bank Rossiya, Sobinbank dan SMP Bank untuk sementara waktu tidak bisa memakai kartu kreditnya untuk transaksi apapun dan calon pemohon juga tidak bisa mengajukan permohonan kartu baru. Sementara InvestCapitalBank juga mengalami hal serupa meskipun relatif bungkam jika diungkit soal kebenaran berita ini.

Meskipun tidak disertai oleh komentar resmi dari Visa dan Mastercard sebelum kebijakan itu, penutupan akses transaksi sudah diduga sebelumnya karena bank-bank asal Rusia tersebut memang masuk dalam daftar perusahaan black-list. Sejak blok barat memutuskan untuk memberikan sanksi kepada individu dan pelaku bisnis yang punya hubungan dekat dengan pemerintah Rusia, beberapa perusahaan keuangan Amerika mulai memperketat aturannya. Mastercard mengakui pihaknya memang menutup segala bentuk layanan kepada nasabah Bank Rossiya, Sobinbank dan SMP Bank sesuai instruksi pemerintah pusat.

Begitu banyak perusahaan, bank hingga individu yang meminjam uang kepada perusahaan barat termasuk melalui kartu kredit. Total hutang Rusia kepada perbankan asal Amerika dan Uni Eropa bahkan tercatat mencapai $732 miliar di akhir 2013 lalu, atau melonjak $200 hanya dalam dua tahun. Namun kini rekor pinjaman tersebut sepertinya sulit terulang karena perusahaan finansial dan bank tentu harus berpikir ulang dalam memberikan modal kepada warga dan perusahaan asal Rusia. Mereka tentu tak ingin melawan titah Washington tentang penutupan segala akses keuangan bagi individu dan perusahaan yang pro dengan kebijakan Moskow.

 

[Harga saham Visa (NYSE:V) ditutup pada posisi $220.75 atau melemah 1.17% pada sesi perdagangan reguler hari Senin (24/03)]

[Harga saham Mastercard Inc. (NYSE:MA) ditutup pada posisi $77.39 atau menguat 1.40% pada sesi perdagangan reguler hari Senin (24/03)]

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar