Selasa, 24 Oktober 2017

cfd  CFD

Yang Ditunggu dari Debut iPhone Baru

Senin, 8 September 2014 13:13 WIB
Dibaca 1469

Monexnews - Setelah ditunggu sekian lama, Apple Inc akhirnya akan memamerkan produk iPhone terbarunya pada hari Selasa, 9 September 2014, waktu Amerika Serikat. Konsumen dan pengamat teknologi menunggu apakah perusahaan termahal di dunia ini mampu membenamkan inovasi baru ke dalam varian smartphone andalannya. 

Dalam beberapa bulan terakhir, jajaran direksi Apple selalu bungkam ketika ditanya soal spesifikasi iPhone 6. Sama halnya ketika diminta klarifikasi terkait dengan kemunculan produk lain di waktu yang bersamaan. Pun demikian, tetap saja kalangan media dan konsumen setia Apple membicarakan berbagai kemungkinan termasuk soal ukuran layar yang lebih besar.

iPhone generasi baru konon akan keluar dalam dua versi, yakni dengan layar berukuran 4.7 inci dan 5.5 inci atau lebih luas 4 inci dibandingkan seri 5S. Namun apa artinya ukuran apabila layar tersebut tidak mempunyai daya tahan yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Banyak orang mengkritisi kualitas layar ponsel buatan Apple yang mudah tergores dan pecah apabila terkena benturan. Oleh karena itulah jelang peluncuran iPhone 6, muncul spekulasi soal dipakainya material safir sebagai komponen kaca anti gores. Sebagai catatan pada seri 5S terakhir, safir sudah dipakai untuk menutup sensor sidik jari TouchID.

Kemungkinan ke-dua adalah mengenai daya tahan fisik ponsel itu sendiri. Rival utama Apple, yakni Samsung, sudah mendandani ponsel Galaxy S5-nya dan berani menjanjikan ponsel yang anti debu. Tidak hanya itu, S5 juga mampu hidup meski dibenamkan maksimal 1 meter di bawah air. Setidaknya, Apple juga mampu membuat produk dengan kualitasnya setara dengan Galaxy dalam konteks daya tahan fisik. Karena jika tidak, buat apa konsumen membeli ponsel mahal kalau ada produk lain yang berani menawarkan lebih dengan banderol yang sama?

Adapun hal terakhir yang menarik ditunggu adalah konfirmasi terkait dibenamkannya prosesor 64-bit baru, yaitu A8. Selain menghemat baterai, pemakaian prosesor ini diyakini akan membuat pengalaman bermain game lebih seru karena kualitas gambar yang ditampilkan juga tidak main-main. Namun kembali lagi, spekulasi ini masih harus ditunggu klarifikasinya besok.

Bisa dibilang event peluncuran iPhone 6 sangat dinantikan karena komunitas teknologi dunia ingin melihat adanya revolusi di sisi fisik dan komponen ponsel itu sendiri. Sementara dari sisi fitur, tidak banyak media dan kolumnis yang berharap adanya gebrakan baru dari tim insinyur Apple. Kalaupun ada perkembangan dari sisi software, bagian yang bisa di-eksplorasi terletak pada pos aplikasi seperti pengembangan mobile payment.

Pelaku pasar keuangan dan komunitas teknologi diwanti-wanti supaya siap mendapat kejutan lain besok. Hari debut iPhone 6 bisa juga menjadi ajang penampilan perdana jam tangan pintar atau smartwatch Apple. Kabar soal peluncuran smartwatch mengemuka pekan lalu di beberapa media dan telah menjadi alasan bagi investor untuk memborong saham perusahaan pimpinan Tim Cook itu. Memang tidak ada pihak yang berani meyakini kalau penjualan smartwatch akan sebagus produk smartphone. Selain karena belum teruji kemampuannya, jam tangan canggih sejenis sudah lebih dahulu diedarkan oleh kompetitor semacam Sony dan Samsung. Pun demikian, investor dan pengamat tetap yakin jika smartwatch Apple mampu menghadirkan sesuatu yang berbeda dibandingkan produk lain di pasaran.

[Harga saham Apple (NASDAQ:AAPL) terakhir kali bertengger di posisi $98.97 pada hari Jumat (05/09).]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar