Kamis, 30 Maret 2017

cfd  CFD

Zurich Bantah Keterkaitan dengan Aksi Bunuh Diri Pejabatnya

Senin, 4 November 2013 13:03 WIB
Dibaca 424

Monexnews - Perusahaan Zurich Insurance dilaporkan segera merilis pernyataan resmi terkait kematian salah satu pejabat keuangannya akibat bunuh diri pada bulan Agustus lalu. Raksasa asuransi asal Swiss tersebut ingin meluruskan berita yang menyebut bahwa Pierre Wauthier mengakhiri hidupnya karena tekanan pekerjaan.

Menurut Reuters, Zurich Insurance akan memberitahukan investor bahwa sistem kerja mereka bukan menjadi penyebab utama kematian Chief Financial Officer-nya 3 bulan lalu. Walaupun dalam surat terakhirnya Wauthier menyalahkan eks-chairman Josef Ackermann sebagai alasan di balik keputusan bunuh diri, tim kuasa hukum Zurich tidak menemukan bukti khusus yang mengarah kepada tudingan tersebut. Bersama dengan perusahaan audit, PriceWaterHouse Coopers, tim investigasi internal menggelar wawancara dan meneliti dokumen email serta surat-surat kerja yang diterima Wauthier selama bekerja di bawah kepemimpinan Ackermann. Berdasarkan penyelidikan, tidak ada indikasi valid yang menunjuk pada tekanan kerja sebagai biang stress yang dialami Wauthier.

Seperti telah diberitakan oleh Monexnews akhir Agustus lalu, Zurich Insurance diguncang oleh berita kematian salah satu pejabat direksinya. Kabar pahit tersebut langsung membuat chairman perusahaan mengundurkan diri beberapa jam kemudian. Chief Financial Officer Zurich Insurance, Pierre Wauthier, ditemukan meninggal di kediamannya pada hari Senin, Agustus 2013. Hasil laporan forensik menyebut bahwa orang paling bertanggung jawab dalam divisi keuangan Zurich itu sengaja bunuh diri. Wauthier adalah pemegang dua kewarganegaraan yakni Inggris dan Prancis, dan sudah bekerja di Zurich Insurance sejak tahun 2006 silam.

Kabar kematian Wauthier mengejutkan banyak pihak, terutama dari kalangan direksi perusahaan. Chairman Josef Ackermann bahkan memutuskan untuk resign karena terguncang oleh aksi bunuh diri koleganya, padahal ia masih memiliki masa jabatan untuk satu tahun ke depan dalam kontrak kerja. Dalam pernyataan resmi yang dipaparkan kepada media, eks CEO Deutsche Bank ini mengaku 'terguncang'. Terlebih lagi keluarga Wauthier mengklaim keputusan bunuh diri tersebut didasari oleh alasan pekerjaan. Beredar spekulasi mantan CFO Zurich Insurance tertekan karena laba perusahaannya turun dari $1.09 miliar menjadi $789 juta pada kuartal II 2013 (year to year). Hasil keuntungan Zurich tersebut tidak memenuhi estimasi analis dan pelaku pasar yang menargetkan angka $823.8 juta (survei Bloomberg).

"Saya merasa pendapat keluarga mendiang bisa diterima dan sebagai pimpinan saya harus ikut bertanggunjawab atas peristiwa itu," tutur Ackermann dalam statement resmi yang disampaikan melalui Zurich Insurance. Ia mengaku keputusannya untuk mundur merupakan upaya untuk menghindari turunnya reputasi perusahaan di masa depan.

Selain menjabat posisi strategis di Zurich Insurance, Josef Ackermann juga menduduki kursi penting di jajaran non-direksi perusahaan besar Eropa lainnya seperti Siemens dan Royal Dutch Shell. Pria berkebangsaan Swiss ini juga ditunjuk sebagai chairman untuk grup perbankan Institute of International Finance. Di forum ekonomi internasional, reputasi tinggi Ackermann membuat dirinya didapuk sebagai figur penting dalam World Economic Forum, yang memprakarsai event konferensi tahunan di Davos. Untuk sementara waktu, Zurich Insurance menunjuk vice chairman Tom de Swaan untuk melanjutkan tugas-tugas Ackermann sampai perusahaan memutuskan langkah strategis berikutnya. De Swaan akan mengambil komando atas kinerja 60.000 karyawan di seluruh dunia, yang melayani nasabah asuransi jiwa dan umum di lebih dari 170 negara.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar