Senin, 23 Oktober 2017

commodity  Commodity

Barat & Iran Akan Aktifkan Kesepakatan Nuklir

Senin, 20 Januari 2014 8:26 WIB
Dibaca 656

Monexnews - Negara barat dan Iran akan segera mengaktifkan kesepakatan nuklir setelah IAEA memberikan persetujuannya. Lembaga nuklir PBB (IAEA) diprediksi hari ini akan memberikan konfirmasi bahwa Iran telah memenuhi pembatasan aktivitas nuklirnya. Jika laporan IAEA diterima oleh negara Barat maka sanksi ekonomi Iran dapat mulai dilonggarkan segera. Kesepakatan nuklir ini akan berlangsung untuk periode 6 bulan dimana negara Barat dan Iran akan terus melanjutkan proses negosiasi atas aktivitas nuklir Iran. 

Barat ingin pembatasan aktivitas nuklir sehingga dapat mengatasi kecemasan dunia bahwa Iran tengah mengembangkan senjata nuklir. Di lain pihak, Teheran juga menginginkan penghapusan sanksi ekonomi yang telah memperburuk kinerja negara yang sangat bergantung pada ekspor minyak tersebut. Iran diwajibkan untuk hanya mengembangkan pengayaan uranium hingga 20%, mengurangi stock uranium, dan menghentikan aktivitas reaktor Arak yang dituding dapat membantu Iran mengembangkan senjata nuklir. Sebagai kompensasi, Iran dapat mengakses dananya senilai $4,2 miliar di luar negeri dan diperbolehkan melakukan aktivitas perdagangan petrokimia, emas, dan logam mulia lainnya.

Jika kesepakatan nuklir Iran dapat berjalan mulus maka ini dapat berujung pada berakhirnya embargo ekspor minyak Iran di masa depan. Sementara itu, harga minyak Nymex turun di awal sesi Asia dan kini diperdagangkan di level $93.89 (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar