Sabtu, 21 Oktober 2017

commodity  Commodity

Berita Libya Mengikis Harga Minyak

Selasa, 31 Desember 2013 0:37 WIB
Dibaca 601

Monexnews - Harga minyak mentah berbalik melemah pada awal pekan ini seiring trader mencerna laporan yang menyebutkan jika aktivitas produksi di beberapa ladang minyak Libya telah kembali berjalan, sehingga memicu beberapa aksi profit taking terhadap harga yang sempat menyentuh level tertinggi 2-bulan pada pekan lalu.

Saat ini minyak mentah untuk kontrak pengiriman bulan Februari diperdagangkan pada kisaran $99.40 per barrel atau merosot sekitar 0,8% dari harga penutupan hari Jumat.

Perusahaan minyak nasional Libya, Arab Gulf Oil Co., melalui situs resminya mengatakan jika mereka telah kembali mengoperasikan beberapa ladang minyak dan pengilangan pada hari Minggu. Namun, perusahaan tidak mengumumkan tentang pembukaan kembali terminal ekspor Marsa al-Hariga. Aksi mogok berkepanjangan yang berkembang menjadi kerusuhan telah mengganggu ekspor minyak dari Libya, yang memangkas pasokan ‘emas hitam’ ke pasar Eropa dan turut menopang harga minyak dunia sejak musim panas lalu. Sebagai dampaknya output minyak Libya saat ini hanya bertengger pada kisaran 250.000 barrel per hari, turun tajam dari sekitar 1,5 juta barrel per hari pada musim semi lalu.

Namun penurunan diperkirakan masih akan terbatasi oleh eskalasi kekerasan di Sudan Selatan, yang beresiko memangkas produksi minyak mentah negara itu lebih lanjut. Meskipun tawaran gencatan senjata untuk mengakhiri konflik di Sudan Selatan telah dilontarkan, pertempuran dengan milisi etnis justru semakin memanas sepanjang akhir pekan lalu. Yang berpotensi memecah belah negara produsen minyak yang baru mendapatkan kemerdekaan dari Sudan sekitar 2 tahun lalu.

Penurunan persediaan AS juga masih menjadi support bagi harga minyak. Kendati masih bertengger di dekat level tertinggi 25-tahun, persediaan minyak AS dilaporkan anjlok 4,7 juta barrel dalam pekan yang berakhir pada 21 Desember lalu. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar