Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

commodity  Commodity

China Berpeluang Geser Posisi AS Sebagai Konsumen Minyak Terbesar Dunia

Kamis, 4 April 2013 20:59 WIB
Dibaca 550

Monexnews -

Lembaga OPEC memprediksi bahwa di tahun 2014 China dapat menggeser kedudukan AS sebagai konsumen minyak terbesar dunia. Hal ini turut disebabkan oleh booming eksplorasi minyak mentah dengan teknik fracking di AS sehingga kebutuhan AS untuk mengimpor minyak berkurang drastis.

Impor minyak China diperkirakan akan naik ke level 6 juta barrel per hari di tahun ini, sementara EIA memproyeksikan impor minyak AS berpotensi jatuh dibawah level tersebut di 2014.

Perubahan laju impor kedua negara tersebut bahkan sudah tampak sejak dini, di bulan Desember saja China telah mengimpor minyak sebanyak 5.57 juta barrel per hari, naik 8% dibanding tahun sebelumnya, sementara impor minyak AS di bulan January hanya mencapai 7.95 juta barrel per hari, atau turun 8% dari bulan Agustus tahun lalu.

AS telah menjadi konsumen minyak terbesar dunia sejak tahun 1970, ketika produksi minyak domestik menurun tajam, namun semenjak AS menemukan teknik eksplorasi minyak dari bebatuan atau pasir di bumi, terdapat ekspektasi bahwa AS justru akan menjadi produsen minyak terbesar dunia di tahun 2020, dan akan menjadi net eksportir minyak dalam 10 tahun berikutnya.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar