Minggu, 28 Mei 2017

commodity  Commodity

Ekspektasi Data Persediaan AS Mendongkrak Harga Minyak

Selasa, 3 Desember 2013 22:55 WIB
Dibaca 519

Monexnews - Harga minyak mentah melonjak ke level tertinggi 5-minggu pada hari Selasa seiring meningkatnya spekulasi seputar laporan persediaan mingguan dari pemerintah AS hari Rabu besok. Energy Information Administration (EIA) diperkirakan akan melaporkan penurunan stok minyak mentah AS untuk pertama kalinya sejak pekan yang berakhir pada 13 September silam. Hingga pekan yang berakhir pada 22 November, stok minyak mentah AS tercatat sebesar 391,4 juta barrel atau yang tertinggi sejak 21 Juni.

Sentimen positif minyak mulai terlihat sejak awal pekan ini, setelah beberapa laporan manufaktur yang solid dari China, zona Euro dan AS membantu meredakan kekhawatiran tentang kelebihan pasokan ‘emas hitam’ di pasar global. Meningkatnya aktivitas manufaktur di sejumlah negara konsumen energi terbesar dunia telah mengembalikan optimsime terhadap prospek permintaan minyak global.

Namun di lain sisi, data ekonomi AS yang terus menunjukkan perbaikan juga mendatangkan kekhawatiran bagi pelaku pasar minyak. Setiap indikasi pemulihan ekonomi yang berkelanjutan bisa mendorong Federal Reserve untuk mempercepat pengurangan program stimulus, yang selama ini telah menopang pergerakan aset-aset beresiko termasuk minyak mentah.

Kenaikan harga minyak juga diperkirakan masih akan terbatas seiring investor menantikan pengumuman hasil pertemuan Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) di Wina. OPEC diperkirakan masih akan mempertahankan target produksinya pada kisaran 30 juta barrel per hari, di tengah kemungkinan meningkatnya ekspor dari beberapa negara anggotanya.

Saat ini minyak mentah untuk kontrak pengiriman bulan Januari ditawarkan pada kisaran $95.75 per barrel atau sekitar 1,65% di atas harga penutupan kemarin. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar