Rabu, 18 Januari 2017

commodity Commodity

Giliran Iran Ancam Serang Israel Bila AS Gempur Suriah

Kamis, 29 Agustus 2013 14:14 WIB
Dibaca 1700

Monexnews - Kekhawatiran pasar dunia terus meningkat lantaran intervensi Amerika Serikat (AS) dalam konflik Suriah diprediksi akan memicu menjalarnya peperangan yang lebih luas lagi. Bahkan pasar dunia hari ini (Kamis, 29/8) kembali di gegerkan oleh pernyataan pemerintah Iran yang akan menggempur Israel bila AS memutuskan untuk menyerang Suriah.

Seperti yang dilansir Dow Jones Newswires dalam mengutip media Iran, Kepala staff militer Iran, Mayor Jenderal Hassan Firouzabadi mengatakan, "Setiap serangan terhadap Suriah akan membakar Israel." Demikian juga, Duta Besar Suriah untuk PBB Bashar Ja'afari yang menuturkan akan membela bangsanya ketika ditanya apakah pasukan Suriah akan menyerang Israel sebagai balasan atas serangan AS.

Sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel akan "merespon dengan kekuatan penuh" setiap ada serangan tersebut, menurut pernyataan yang dikutip dari Los Angeles Times. Ancaman Iran tersebut dilontarkan setelah merespon rencana Washington yang akan melakukan agresi militernya ke Suriah.

Pada hari Selasa lalu (27/8) Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengatakan kepada BBC bahwa militer AS "siap berangkat" jika Presiden Barack Obama memerintahkan serangan dengan senjata kimia di Suriah. Sementara NBC News melaporkan bahwa AS akan meluncurkan serangan rudal ke Suriah "secepatnya hari Kamis." Bahkan sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS John Kerry juga telah memperingatkan bahwa AS tengah mempersiapkan serangan senjata kimia kepada pemerintah Suriah dan akan menggusur rezim Bashar al-Assad.

Eskalasi ketegangan politik di Timur Tengah turut berimbas ke pasar ekuitas maupun komoditas global. Hampir semua lantai bursa utama di dunia mengalami koreksi. Sementara harga minyak dunia sempat meroket hingga ke kisaran $112.20/barrel setelah berhasil menembus level resisten kuat $108.90 yang tercatat pada 19 Juli lalu. Harga emas dunia juga turut melonjak hingga saat ini berada dikisaran $1410/troy ons setelah sesi kemarin melambung hingga $1433.60/troy ons.(dar)  

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar

Diani 5 September 2013
Semoga suriah dan iran memenangkan pertempurannya...Aamiin Ya Allah Ya Rabbal'alamiin !!