Senin, 23 Januari 2017

commodity  Commodity

Harga Minyak Amblas Oleh Data China, OPEC

Senin, 3 Juni 2013 14:17 WIB
Dibaca 453

Monexnews - Harga minyak mentah dunia mengalami keterpurukan di hari pertama perdagangan bulan Juni ini (Senin, 3/6) dan merosot hingga ke level rendah sejak 2 Mei lalu yang tercatat pada perdagangan elektronik di Asia.

Harga minyak merosot hingga level $91.24 per barrel setelah akhirnya stabil pada area $91.87. Penurunan harga minyak terutama akibat para investor mengantisipasi negatif lemahnya data aktivitas manufaktur China yang mengalami kontraksi tajam untuk kali pertama dalam tujuh bulan terakhir yang di akibatkan oleh merosotnya permintaan domestik maupun luar negeri.

China merupakan konsumen utama minyak dunia, sehingga merosotnya sektor manufaktur di negeri tirai bambu akan menambah kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi China dan otomatis akan berdampak pada menurunnya permintaan sektor energi. Selain itu, keputusan organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) terhadap kuota produksi dunia, turut menegecewakan pada konsumen minyak dunia.

Hasil rapat terakhir pada hari Jumat lalu (31/5), OPEC kembali mempertahankan pagu produksi minyak mentah sebesar 30 juta barrel per hari. Keputusan itu dinilai mengecewakan karena ekspektasi pasar sangat berharap OPEC dapat menurunkan kuota produksi untuk mendongkrak harga minyak di pasar. Dan kebijakan tersebut langsung berdampak pada merosotnya harga minyak mentah dunia.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar