Senin, 24 Juli 2017

commodity  Commodity

Iran Akan Bertemu Badan Pengawas Nuklir PBB Pada 21 May

Senin, 22 April 2013 16:56 WIB
Dibaca 583

Monexnews - Iran dan pejabat dari badan pengawas nuklir PBB akan kembali menggelar diskusi mengenai program nuklir Iran pada tanggal 21 Mei di Vienna, menurut laporan media di Iran hari Senin. Agensi berita Mehr dan ISNA tidak memberikan rincian lanjutan mengenai laporan mereka. Pihak International Atomic Energy Agency menolak berkomentar. Pekan lalu, sebuha sumber diplomatic mengatakan bahwa ada kemungkinan menggelar pertemuan di bulan Mei, namun belum ditentukan tanggalnya.

Pertemuan ini akan menjadi negosiasi ke-10 antara kedua belah pihak sejak awal 2012, yang sejauh ini belum mencapai kesepakatan yang akan memperbolehkan badan pengawas nuklir PBB untuk melanjutkan investigasi pada fasilitas nuklir Iran yang sudah lama tertunda. IAEA menginginkan investigasi ini kembali dilanjutkan mengingat kecurigaan riset bom atom oleh Iran.

Diskusi antara IAEA dan Iran masih berbeda pendapat, namun masih terkait satu sama lain dengan negosiasi antara Teheran dan 6 negara besar dunia yang bertujuan menyelesaikan pertikaian yang sudah mencapai 1 dekade lamanya dan mencegah perang timur tengah yang baru.

Pihak Iran membantah tuduhan bahwa negaranya mengembangkan kemampuan untuk menciptakan senjata nuklir, mengatakan aktivitas atom mereka hanya untuk generator listrik. Namun penolakannya untuk membatasi aktivitas nuklir sensitif yang mungkin bertujuan untuk sipil dan militer, dan ketidakterbukaannya dengan inspektur dari IAEA telah memancing sanksi dari PBB dan pihak Barat. Pertemuan terakhir IAEA-Iran pada bulan Februari tidak menghasilkan terobosan apapun.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar