Selasa, 26 September 2017

commodity  Commodity

Minyak Menuju Penurunan Terbesar Sejak 2008 Ditengah Pertempuran AS dan OPEC

Rabu, 31 Desember 2014 14:39 WIB
Dibaca 509

Monexnews - Minyak menuju untuk penurunan tahunan terbesar sejak krisis keuangan global di tahun 2008 seiring para produsen AS dan OPEC tidak ada yang mau saling mengalah dalam pertempuran mereka untuk perebutan pangsa pasar di tengah melimpahnya spulai.

Minyak berjangka tergelincir sebesar 1.4% di New York, membawa kerugian untuk tahun 2014 menjadi 46%. Pedoman dari AS yang memungkinkan penjualan keluar negeri dari minyak ultralight tanpa harus ada persetujuan pemerintah mungkin akan akan meningkatkan kapasitas ekspor AS dan "memberikan pukulan" kepada rencana Arab Saudi  untuk membatasi pembatasan output dari Amerika, menurut pernyataan dari analis Citigroup Inc. Cadangan minyak mentah AS pada saat ini diperkirakan naik ke level tertinggi dalam lebih dari tiga dekade pada tahun ini.

Kemerosotan harga minyak telah mengguncang pasar mulai dari ruble Rusia hingga naira Nigeria dan mengecilkan anggaran pemerintah di negara-negara produsen yang termasuk diantaranya Venezuela dan Ekuador. Namun kejatuhan minyak juga telah meningkatkan cadangan minyak mentah darurat milik China dan membantu memperkecil subsidi bahan bakar di India dan Indonesia. OPEC telah sinyalkan bahwa mereka tidak akan memangkas suplai untuk mempengaruhi harga, malahan mereka lebih cenderung berusaha untuk mempertahankan pangsa pasar di tengah lonjakan minyak shale AS yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Untuk tahun ini, faktor terbesar yang menggiring harga minyak turun adalah produksi minyak shale AS yang diikuti oleh perang harga," kata Hong Sung Ki, analis komoditas di Samsung Futures Inc., di Seoul pada hari ini. "Kemungkinan dari AS dalam membatasi outputnya mungkin hanya itu satu2nya yang akan merubah tren harga namun itu belum dilakukan, jadi kita kemungkinan akan melihat penurunan lebih lanjut."

Minyak WTI Februari turun sebesar 74 sen menjadi $53.38 per barel di dalam perdagangan elektronik di Nymex, dan saat ini diperdagangkan di kisaran $53.55 pada pukul 14.35 wib. Kontrak kemarin naik sebesar 51 sen menjadi $54.12, menguat untuk pertama kalinya dalam empat hari.

fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar