Selasa, 17 Januari 2017

commodity Commodity

Minyak Terancam Melemah Jika OPEC Gagal Pangkas Output

Senin, 24 November 2014 20:54 WIB
Dibaca 703

Monexnews -

Menjelang rapat OPEC di Vienna minggu ini, para investor bersikap waspada seiring resiko kejatuhan tajam harga minyak jika kartel produsen OPEC gagal mengurangi laju produksi.

Bahkan beberapa analis memperkirakan harga minyak WTI berpotensi anjlok dibawah level $70 per barrel jika OPEC tidak mengimplementasikan penurunan output secara signifikan.

Beberapa alasan yang mungkin mendorong OPEC tidak memangkas laju produksi secara signifikan adalah, import minyak mentah AS dari negara OPEC telah jatuh ke level terendahnya dalam 30 tahun terakhir. Semakin berkurangnya ketergantungan impor minyak AS dari kartel yang menghasilkan sekitar 1/3 kebutuhan minyak dunia disebabkan oleh teknologi shale oil dimana AS telah menyusul laju produksi minyak per hari Saudi Arabia.

Kecemasan berkurangnya dominasi import minyak dari OPEC inilah yang menjadi dasar bagi OPEC untuk tetap memberikan harga diskon, karena harga minyak WTI dibawah $60 kemungkinan akan menyebabkan satu per satu perusahaan shale oil di AS mulai offline karena kalah saing harga.

Terpantau sejauh ini harga minyak mentah AS berjangka melemah tipis -0.17% di level $76.37 per barrel, setelah meraih titik tertinggi intraday di $76.95 dan level terendah hariannya di $76.02 per barrel.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar