Minggu, 24 September 2017

commodity  Commodity

Minyak Terus Turun, OPEC Pertimbangkan Rapat Darurat

Selasa, 24 Februari 2015 2:37 WIB
Dibaca 683

Monexnews - OPEC berencana akan mengadakan pertemuan darurat dalam waktu enam pekan, jika harga minyak mentah terus turun lebih dalam. Komentar ini diucapkan Menteri Perminyakan Nigeria sekaligus Presiden OPEC saat ini, Diezani Alison-Madueke, dengan pertimbangan dampak buruk anjloknya harga minyak mentah pada neraca keuangan negara-negara produsen minyak terbesar dunia seperti Nigeria, Venezuela, dan Rusia. Nigeria telah menurunkan proyeksi Produk Domestik Bruto (PDB) negaranya menjadi 4,5-4,8% dari 5,5% untuk tahun ini karena anjloknya harga minyak mentah, yang mencakup 80% pemasukan pemerintahannya.

"Hampir semua negara-negara OPEC mengalami kesulitan, kecuali mungkin blok Arab," ujar Alison-Madueke. "Semoga [harga] akan stabil tidak kurang dari $60, tapi kita tidak bisa yakin," tambahnya.

Pertemuan OPEC selanjutnya dijadwalkan di bulan Juni. Pertemuan darurat dalam periode perdagangan yang tidak stabil akan membutuhkan persetujuan ke-12 anggota OPEC.

Sekitar tiga bulan lalu, Arab Saudi berhasil meyakinkan koleganya untuk mempertahankan produksi 30 juta barel per hari demi mempertahankan pangsa pasar di tengah anjloknya harga minyak mentah sejak pertengahan tahun lalu. Keputusan ini jauh berbeda dari strategi tradisional OPEC sebagai penjaga stabilitas harga minyak. (YS)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar