Selasa, 25 Juli 2017

commodity  Commodity

Negosiasi Nuklir Iran Dapat Berlangsung di Februari

Selasa, 14 Januari 2014 10:36 WIB
Dibaca 456

Monexnews - Negosiasi berikutnya atas program nuklir Iran dengan negara Barat dapat berlangsung di bulan Februari, menurut laporan Reuters. Negosiasi tersebut mungkin akan lebih fokus dengan masalah teknis untuk mengurangi aktivitas program nuklir Teheran sebagai syarat pelonggaran sanksi ekonomi. Iran dan negara Barat telah mencapai kesepakatan awal pada 24 November silam dan di akhir pekan lalu Iran utarakan kesepakatan dapat mulai dilaksanakan pada tanggal 20 Januari.

Negosiasi masih akan merumuskan sampai sejauh mana program nuklir yang dapat dijalankan Iran sehingga dapat mengatasi kecemasan dunia bahwa Iran berniat mengembangkan senjata nuklir. Iran telah utarakan program nuklir bertujuan damai dan siap untuk membatasi aktivitas nuklirnya demi mendapatkan pelonggaran sanksi ekonomi dari AS dan Eropa. Jika negosiasi berjalan lancar maka ini dapat mengurangi resiko penggunaan aksi militer oleh AS dan Israel terhadap wilayah Iran yang dituding sebagai tempat pengembangan senjata nuklir. Meski demikian, baik AS dan Iran mengakui bahwa proses negosiasi menghadapi tantangan sendiri. Iran ingin tetap mengembangkan program nuklir hingga ke tahap penggunaan listrik dan kedokteran. Namun, AS khawatir dengan pengembangan tersebut yang dinilai satu langkah lebih dekat ke pengembangan senjata nuklir.

Sementara itu, harga minyak menguat tipis pada awal sesi Asia meski tetap berada dekat level rendah satu minggu. Investor sepertinya masih khawatir dengan perkembangan positif negosiasi program nuklir Iran yang dapat berujung pada berakhirnya sanksi ekonomi yang dapat berarti prospek melimpahnya supplai di masa depan. Minyak Nymex kini diperdagangkan $91.94; tidak begitu jauh dari level rendah satu minggu $91.20 (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar