Selasa, 26 September 2017

commodity  Commodity

NFP AS & Krisis Suriah Melambungkan Harga Minyak

Jumat, 6 September 2013 22:06 WIB
Dibaca 690

Monexnews - Harga minyak mentah melambung hingga di atas $110 per barrel pada hari Jumat seiring Dollar AS terpukul oleh data ketenagakerjaan yang lemah, di tengah kembali memanasnya konflik Suriah.

Saat ini minyak mentah untuk kontrak pengiriman bulan Oktober diperdagangkan pada kisaran $110.10 per barrel atau sekitar 1,5% di atas harga penutupan kemarin, setelah sempat menyentuh harga tertinggi di area $110.30 per barrel.

Dalam sebuah konferensi pers yang digelar di sela-sela KTT G20, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa negaranya tidak akan menghentikan suplai persenjataan kepada pemerintah Suriah dan akan "membantu" rezim Bashar al-Assad jika mendapatkan serangan militer. Sebelumnya, Presiden AS Barack Obama telah mengatakan bahwa dirinya tengah mempertimbangkan untuk melakukan intervensi militer terhadap Suriah atas dugaan penggunaan senjata kimia.

Para pemimpin negara-negara G20 sendiri cenderung memberikan tanggapan yang beragam terhadap rencana aksi militer AS. Sebagian pemimpin anggota G20 berpendapat bahwa tindakan militer terhadap Suriah beresiko memicu perluasan konflik di Timur Tengah, yang dapat mengganggu arus pasokan dari kawasan kaya minyak itu.

Pada hari Jumat, AS juga menerima bocoran pesan yang dikirimkan seorang pejabat Iran kepada kelompok-kelompok milisi Syiah di Irak, yang memerintahkan penyerangan beberapa fasilitas penting AS di Baghdad jika intervensi militer terhadap Suriah terjadi.

Pelaku pasar minyak juga masih terus mencerna data Non Farm Payrolls AS bulan Agustus yang lebih lemah dari perkiraan. Ekonomi AS dilaporkan hanya menciptakan 169.000 pekerjaan pada bulan lalu, lebih rendah dari ekspektasi kenaikan 180.000 pekerjaan. Hasil tersebut mengikis ekspektasi pengurangan stimulus oleh Federal Reserve pada bulan September, sehingga mengembalikan Dollar AS di bawah tekanan jual dan sebaliknya mendongkrak daya tarik aset beresiko seperti minyak mentah. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar