Selasa, 26 September 2017

commodity  Commodity

Penurunan Ekspor Minyak Iran Potensial Picu Lonjakan Harga Minyak

Rabu, 5 Juni 2013 21:53 WIB
Dibaca 412

Monexnews -

Ekspor minyak mentah Iran semakin merosot, sebesar 16% di bulan April ke level 840,000 barrep per hari dibanding bulan Maret di level 1 juta barrel per hari, sekaligus membukukan pelemahan sebesar 60% sejak Juni 2011 sebelum embargo diberlakukan.

Selanjutnya embargo minyak Iran ini diperkirakan akan memaksa ekspor minyak Iran menjadi offline, dikombinasikan dengan ketegangan Timur Tengah y ang meningkat sehingga berpotensi menopang harga minyak lagi meski terdapat rumor mengenai kondisi market minyak yang sudah cukup tersupply disertai dengan permintaan yang lemah.

China, India, Korsel dan Turki masih menjadi net importir minyak mentah Iran, sementara Jepang telah mengurangi impor dari Iran hampir 100%. India dan Korsel telah mereduksi impor masing-masing sebesar 64% dan 43%, sedangkan China turut mengurangi laju impor sebesar 32% dan Turki 23% disebabkan oleh ancaman sanksi keuangan dari AS.

Melihat kedepan, ada kemungkinan Kongres AS menerapkan perluasan embargo minyak Iran menjadi nol dan juga menargetkan embargo ekspor energi, otomotif, pengiriman dan sektor perkapalan dari Iran, jika embargo seperti ini dikombinasi dengan kegagalan negosiasi nuklir Iran dan kemungkinan serangan rudal dari Israel maka minyak masih potensial melanjutkan kenaikan di semester kedua 2013.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar