Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

GLOSSARY

Go to letter

Leading Indicator

Segala perhitungan statistik penting yang menunjukkan prediksi terhadap aktifitas ekonomi di masa depan.

Leverage

Fasilitas yang diberikan oleh sebuah perusahaan investasi bagi nasabah untuk bertransaksi sejumlah produk valas. Nasabah hanya perlu menggunakan modal beberapa kali lipat lebih kecil untuk mengambil posisi beli atau jual suatu produk mata uang. Sebagai contoh, seorang nasabah ingin membeli 1 lot EUR/USD. Secara nominal, Ia memerlukan 100.000 mata uang untuk melakukan transaksi tersebut. Namun dengan fasilitas leverage, nasabah hanya harus mengeluarkan modal 1000 mata uang guna mengambil posisi beli 1 lot (kurs tetap).

LIBOR

Singkatan dari London Inter-Bank Offered Rate atau referensi suku bunga pinjaman antar bank. LIBOR lazim digunakan pada transaksi forwards, futures dan interest rate swap contracts. British Bankers Association adalah lembaga yang menentukan level LIBOR. Angka yang dirilis adalah perhitungan rata-rata suku bunga 16 bank multinasional hingga pukul 11 pagi GMT. Selain London, beberapa negara lain juga memiliki standar bunga sejenis seperti SIBOR (Singapore Interbank Offered Rate) dan PIBOR (Paris Interbank Offered Rate).

Likuidasi

Menutup sebuah posisi dengan transaksi baru yang berlawanan.

Likuiditas

Di pasar forex, likuiditas berarti kemampuan mata uang untuk diperjualbelikan tanpa menyebabkan perubahan nilai tukar secara signifikan. Sebuah pasangan mata uang dikatakan likuid jika mudah dijual maupun beli serta memiliki jumlah transaksi cukup besar.

Limit Order

Perintah untuk membatasi keuntungan pada level tertentu. Limit order membantu investor untuk mengendalikan jumlah keuntungan dan kerugian yang mampu diterima.

Long candle

Salah satu bagian dari grafik teknikal berbentuk lilin panjang yang menggambarkan pergerakan besar antara level pembukaan dan penutupan.

Long Position

Posisi membeli suatu produk investasi.

Long-term Trading

Gaya trading investor yang memegang suatu posisi dalam jangka waktu lama, mulai dari beberapa pekan hingga hitungan tahun. Trader long-term kebanyakan berpedoman pada analisa fundamental dibanding perhitungan teknikal. Mereka mengandalkan proyeksi ekonomi di masa depan dan mengabaikan fluktuasi harga harian.

Lot

Satuan ukur untuk bertransaksi yang angkanya selalu bulat atau utuh.