Selasa, 24 Oktober 2017

GLOSSARY

Go to letter

MACD

Singkatan dari Moving Average Convergence/Divergence. Sebuah indikator analisa teknikal yang ditemukan pada 1970-an. MACD menunjukkan perbedaan antara EMA (Exponential Moving Average). Moving average pada MACD adalah rata-rata harga pada waktu yang sudah ditetapkan.

Margin

Sejumlah uang dipersyaratkan guna melakukan transaksi. Digunakan juga sebagai deposit jaminan sebelum masuk posisi tertentu.

Margin Call

Peringatan bagi nasabah untuk segera menambah margin (dana) guna melanjutkan transaksi.

Market Maker

Perusahaan atau individu yang memberikan harga beli dan jual dari produk/instrumen keuangan atau komoditi, dengan harapan mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga beli dan jual (bid dan offer).

Market Order

Perintah untuk melakukan transaksi pada suatu level harga tertentu.

Market Risk

Resiko perubahan harga di pasar.

Maturity

Tanggal atau tenggat waktu penyelesaian suatu beban obligasi/hutang.

Mechanical Trading

Sebuah sistem komputer otomatis yang dirancang untuk membantu trader bertransaksi di pasar. Trader memilih sebuah sistem program yang akan melindungi posisi secara otomatis, termasuk mengambil posisi buka dan tutup. Trader tidak perlu selalu berada di tempat untuk mengeksekusi.

Medium-term Trading

Gaya trading investor yang memegang suatu posisi dalam hitungan hari, kemudian mengambil keuntungan dari faktor fundamental dan pertimbangan teknikal. Dibanding aksi scalping dan long-term trading, langkah ini membutuhkan persyaratan modal lebih kecil.

Momentum

Suatu masa dimana terjadi perubahan pada harga sebuah aset. Pada analisa teknikal, momentum tergambar pada lereng dari trendline, yang memperlihatkan pergerakan harga selama periode tertentu. Trader pada umumnya menggunakan momentum untuk mengetahui volume di pasar. Jika harga berubah cepat, maka besar peluang terjadinya aksi jual/beli aset oleh banyak trader untuk membalikkan arah harga. Nilai high atau low yang ekstrim merupakan pertanda bahwa suatu aset sudah terlampau jenuh jual atau jenuh tinggi.

Money Management

Konsep pengelolaan dana yang harus dimiliki oleh investor. Banyak trader gagal karena tidak mempunyai perencanaan keuangan yang baik untuk dipatuhi. Supaya tidak kehilangan banyak uang, trader harus menyadari bahwa setiap sen dalam aktifitas transaksi adalah begitu berarti. Kunci dari pengelolaan dana yang baik adalah memahami jumlah penempatan dana dan tingkat kerugian yang mampu diterima dari suatu transaksi. Trader sebaiknya sadar bahwa mereka tidak sedang berjudi, sehingga potensi kerugian bisa dikurangi.

Money Supply

Jumlah keseluruhan mata uang yang beredar dalam perekonomian pada suatu periode tertentu. Suplai uang adalah faktor utama pengendali inflasi.

Moving Averages

Salah satu indikator dasar dari analisa teknikal. Moving Averages adalah cara mudah untuk melihat perilaku harga keseluruhan dan dijadikan variabel acuan bagi indikator dan grafik teknikal yang lebih kompleks. Dua tipe MA yang paling popular adalah Simple Moving Average (SMA) dan Exponential Moving Average (EMA). Simple Moving Average (SMA) dihitung berdasarkan harga pasar rata-rata selama periode tertentu. Sementara perhitungan Exponential Moving Average (EMA) lebih rumit, mengambil perbedaan antara harga terkini dan EMA terdahulu.