Selasa, 23 Mei 2017

breaking-news Ifo: Indeks Iklim Bisnis Jerman naik ke 114.6 di Mei dari 112.9 di April, estimasi 113.1.

GLOSSARY

Go to letter

Parabolic SAR

Parabolic SAR (short for Stop And Reverse) adalah algoritma prediktif pada analisa teknikal. Algoritma ini dirancang untuk menentukan level stop loss yang mengikuti tren bullish atau bearish kuat. Menurut penemunya, J. Welles Wilder, parabolic SAR hanya efektif bekerja pada pasar dengan tren kuat.

Parity

Kondisi saat nilai tukar dua mata uang yang berpasangan adalah sama atau 1 berbanding 1.

Pasangan Cross

Pasangan mata uang dimana suatu valuta diperdagangkan terhadap valuta lainnya selain mata uang dollar AS

Pasangan Mata Uang

Dua mata uang yang digunakan sebagai produk transaksi.

Pelonggaran Kuantitatif

Metode bank sentral untuk menambah suplai uang dengan cara mencetak uang baru dan membeli surat hutang pemerintah. Mekanisme kebijakan QE adalah sebagai berikut: 1. Bank sentral merencanakan cetak uang dan menggunakannya untuk membeli obligasi pemerintah di pasar. 2. Dengan demikian, suplai obligasi pemerintah berkurang di pasar sehingga harganya naik. Artinya besaran imbal hasil (yield) menjadi berkurang pula. 3. Bank yang menjual obligasi kepada pemerintah kini memiliki dana pinjaman lebih banyak. Mengingat bunga obligasi sudah turun, bank juga bisa menurunkan bunga pinjaman dan tetap melaba. Bunga lebih rendah dapat menarik minat konsumen dan pelaku bisnis untuk mengajukan pinjaman. Dengan begitu, korelasi tersebut bisa meningkatkan aktifitas di pasar kredit dan perekonomian negara.

Pending Home Sales

Jumlah kontrak kepemilikan apartemen, kondominium dan rumah tinggal yang sudah ditandatangani oleh pihak penjual dan pembeli. Data pending home sales dapat digunakan sebagai indikator kunci dari penjualan rumah di masa depan. Adapun kontrak yang sudah ditandatangani tidak dihitung sampai transasksi final tercapai. Data ini dirilis setiap bulan oleh National Association of Realtors.

Penjualan Ritel

Estimasi total penjualan semua barang yang dibuat di suatu negara (tidak termasuk produk jasa) pada satu bulan. Data disajikan dalam bentuk persentase nominal dan jumlah dalam satuan mata uang artinya pengelolaan data tidak disesuaikan dengan tingkat inflasi. Namun data disesuaikan dengan hari libur, musim dan perbedaan hari trading antar bulan setiap tahun. Retail sales menyajikan data spesifik tentang nilai pengeluaran yang dihabiskan konsumen untuk membeli produk industri dan komoditas. Dengan berkaca pada data tersebut, pelaku pasar bisa menilai perkembangan tingkat konsumsi masyarakat suatu negara.

People's Bank of China

Nama resmi dari Bank Sentral negara China.

Peringkat Hutang

Nilai kredit sebuah negara, sektor bisnis maupun individu. Dibuat berdasarkan evaluasi terhadap sejarah kredit dan kemampuan untuk membayar beban hutang sebagaimana diperhitungkan dari nilai aset dan besaran hutang terkini.

Persediaan Minyak Mentah

Jumlah volume minyak mentah, bahan bakar dan penyulingan suatu negara pada periode tertentu. Untuk Amerika Serikat biasa dirilis tiap hari Selasa (API) dan Rabu (EIA).

Personal Consumption Expenditures

Jumlah uang yang dihabiskan setiap individu untuk membeli produk barang dan jasa.

Personal Income and Spending

Sebuah laporan yang dibuat oleh Department of Commerce's Bureau of Economic Analysis berisi tentang perilaku pengeluaran konsumen dan tingkat pendapatan di Amerika Serikat. Personal income and spending diterbitkan pada hari pertama setiap bulan dan menyertakan data dua bulan terdahulu. Dengan menggunakan laporan sektor tenaga kerja, bisa didapat tingkat pendapatan warga dari arsip gaji. Trader biasa menggunakan data ini sebagai petunjuk atas potensi permintaan dan pengeluaran konsumen untuk berbagai sektor berbeda.

Petrodollars

Sebutan bagi mata uang dollar yang digunakan sebagai satuan transaksi minyak dunia. Segala pembelian harus memakai valuta USD, sebagaimana diberlakukan oleh organisasi eksportir minyak dunia (OPEC).

PIIGS

Gabungan dari huruf depan negara-negara bagian selatan benua Eropa yang tergabung dalam euro zone, yaitu Portugal, Italia, Irlandia, Greece (Yunani) dan Spanyol. Istilah yang popular di masa 1990-an itu kembali popular selama krisis finansial tahun 2007-2010. Negara PIIGS memiliki defisit anggaran lebih besar dibanding anggota euro zone lainnya.

Pip

Satuan pergerakan desimal terkecil pada pergerakan suatau pasangan mata uang. Sebagai ilustrasi, jika EUR/USD bergerak dari 1.2250 ke 1.2251, maka pergerakan yang terjadi sebanyak 1 (satu) pip. Nilai pip yang positif atau negatif menggambarkan pengelolaan laba atau pun kerugian.

Pivot Points

Istilah pada analisa teknikal yang menunjukkan titik perbalikan arah harga beserta support dan resistennya. Sebagian besar grafik dan tools analisa bertujuan untuk mengidentifikasi titik pivot tersebut. Mulai dari trendline breaks, wedge, triangle patterns hingga kalkulasi paling kompleks seperti Camarilla Equation atau Keltner Channels, semua dipakai untuk menemukan titik pivot yang akurat dan efektif dari suatu pergerakan harga aset. Pivot points dapat dikalkulasi memakai semua time frame (Monthly, Weekly, Daily dan sebagainya), meskipun time frame yang lazim digunakan adalah Daily charts. Pivot Point= (High (previous) + Low (previous) + Close (previous))/3, Resistance 1 (R1) = (2 x Pivot Point) – Low (previous period), Support 1 (S1) = (2 x Pivot Point) – High (previous period), Resistance 2 (R2) = (Pivot Point – Support 1) + Resistance 1, Support 2 (S2) = Pivot Point – (Resistance 1 – Support 1),

Political Risk

Resiko investasi bagi posisi trader yang datang dari kebijakan pemerintah.

Posisi

Total nilai investasi pada suatu mata uang. Satu posisi bisa flat atau tidak ada eksposur sama sekali (square), long (pembelian mata uang lebih besar penjualan) atau short (penjualan mata uang lebih besar dibanding pembelian).

Position Trading

Strategi trading dengan menahan posisi selama lebih dari satu hari. Ketidakpastian pasar biasanya menjadi alasan bagi trader untuk mengambil position trading. Tentu ada resiko dari langkah tersebut, namun skalanya lebih kecil dibanding resiko yang menanti trader harian. Salah satu kekurangan dari position trading adalah potensi kerugian besar apabila terjadi perubahan signifikan pada sesi perdagangan after hours atau satu malam. Salah satu keuntungannya adalah peluang meraup laba lebih optimal di kala pelaku pasar reguler tengah beristirahat di malam hari.

Premium

Selisih antara harga forward terhadap harga pasar terkini.

Price Transparency

Suatu gambaran bahwa semua pelaku pasar memiliki akses yang sama untuk mengetahui pergerakan harga.

Principal Value

Nilai dana murni yang diinvestasikan oleh suatu individu.

Producer Price Index

Laporan ekonomi bulanan yang dirilis oleh Bureau of Labor and Statistics Amerika Serikat. Data ini memperlihatkan info detil tentang harga pembelian berbagai produk konsumen. PPI diterbitkan pada pekan ke dua setiap bulan dan disertai data bulan terdahulu.

Profit - Loss

Keuntungan atau kerugian yang dialami dari aktifitas transaksi di pasar.

Psikologis

Faktor kejiwaan yang berperan sangat penting dalam aktifitas investasi trader. Faktor psikologis sama pentingnya dengan nilai uang yang ditanamkan. Tanpa adanya pola pikir yang patut, aktifitas trading bisa sangat mengintimidasi dan membingungkan. Untuk menjadi sukses, seorang trader harus mampu mengendalikan emosi, kuat terhadap godaan, tetap termotivasi dan konsisten.

Purchasing Managers Index

Purchasing Manager Index (PMI) mengukur iklim bisnis pada sektor manufaktur dan jasa sebuah negara. PMI berguna untuk mengetahui perubahan volume belanja perusahaan. Sekitar 500 manajer pembelian diminta untuk menilai level iklim bisnis terkait dengan tenaga kerja, tingkat inventaris dan pesanan baru, produksi negara dan pengiriman dari supplier. Angka di atas 50 mengindikasikan pertumbuhan sektoral dan level di bawah 50 menandakan kontraksi bisnis.

Purchasing Power Parity

Sebuah teori yang menyatakan bahwa nilai tukar mata uang antara dua negara seharusnya memiliki rasio yang sama dengan tingkat harga sekelompok barang konsumsi utama. Jika asumsi tersebut benar terjadi, maka nilai tukar dianggap mencapai titik keseimbangan.