Senin, 23 Oktober 2017

GLOSSARY

Go to letter

Rally

Kenaikan harga setelah melewati masa penurunan.

Range

Jarak antara harga tertinggi dan terendah pada suatu periode perdagangan.

Rate

Nilai tukar suatu mata uang terhadap mata uang lainnya.

Relative Strength Index

Salah satu tools analisa teknikal untuk menunjukkan perubahan dari daya tahan harga (menentukan kondisi jenuh jual atau jenuh beli). RSI termasuk indikator oscillator.

Resesi

Definisi media tentang resesi adalah suatu fenomena saat angka Produk Domestik Bruto (GDP) turun dalam 2 kuartal berturut-turut atau lebih. Namun jika mengacu pada asumsi tersebut, sulit menentukan apakah suatu negara sedang dilanda resesi atau tidak. Mengingat definisi tersebut tidak menyertakan indikator makroekonomi seperti angka pengangguran. Adapun kalangan ekonom berpendapat bahwa faktor terkait seperti produksi industri, kepercayaan konsumen dan penambahan kapasitas harus disertakan dalam menentukan resesi. Penurunan pada indikator-indikator tersebut bisa mengkonfirmasi bahwa resesi memang sedang terjadi. Kunci utama yang patut diperhatikan adalah angka GDP, sementara variabel makroekonomi lain berperan sebagai pendukung.

Resiko Kredit

Peluang gagal bayar hutang suatu pihak

Resistance

Suatu level di atas harga terkini yang ditetapkan sebagai target dari pergerakan naik di masa depan dan level tahanan. Resisten juga diartikan sebagai level jual dari suatu produk.

Retail Sales

Estimasi total penjualan semua barang yang dibuat di suatu negara (tidak termasuk produk jasa) pada satu bulan. Data disajikan dalam bentuk persentase nominal dan jumlah dalam satuan mata uang artinya pengelolaan data tidak disesuaikan dengan tingkat inflasi. Namun data disesuaikan dengan hari libur, musim dan perbedaan hari trading antar bulan setiap tahun. Retail sales menyajikan data spesifik tentang nilai pengeluaran yang dihabiskan konsumen untuk membeli produk industri dan komoditas. Dengan berkaca pada data tersebut, pelaku pasar bisa menilai perkembangan tingkat konsumsi masyarakat suatu negara.

Revaluasi

Kenaikan harga akibat pengaruh dari kebijakan bank sentral. Pada mata uang berarti kenaikan nilai mata uang suatu negara yang dikaitkan dengan mata uang asing.

Risk

Peluang terjadinya sebuah dampak negatif bagi suatu objek.

Risk Management

Cara dan kemampuan untuk membatasi dan menghilangkan berbagai jenis resiko keuangan.

Rollover

Bunga yang dibayar atau didapat oleh trader dari cara memegang posisi selama satu malam.

Rupiah

Satuan Mata uang Indonesia (kode:IDR).