Sabtu, 1 November 2014

GLOSSARY

Go to letter

Saham

Instrumen yang menunjukkan kepemilikan parsial dari aset dan laba sebuah perusahaan publik. Pemilik saham berhak atas keuntungan usaha sesuai dengan jumlah kepemilikan saham. Saham dapat diperjualbelikan di pasar saham seperti New York Stock Exchange, Bursa Efek Indonesia.

Scalping

Strategi jangka pendek dengan trading sebanyak mungkin pada satu hari (belasan hingga ratusan) dengan tujuan meraih keuntungan kecil dari setiap posisi. Caranya adalah dengan memanfaatkan spread bid-ask. Meski relatif menguntungkan, scalping membutuhkan modal lebih besar. Leverage berguna untuk memperbesar profit dari dari pergerakan harga kecil.

Sentimen Konsumen

Laporan yang dibuat oleh Pusat Survei Konsumen Universitas Michigan guna mengukur optimisme konsumen terhadap perekonomian Amerika Serikat (AS). Survei dilakukan terhadap 500 rumah tangga untuk memantau kondisi keuangan dan perilaku belanja warga negara.

Sentiment Analysis

Hasil analisa berdasarkan identifikasi pola pergerakan secara objektif. Prinsipnya adalah saat pelaku pasar terpaku di satu arah, maka itu adalah sinyal bahwa perubahan segera terjadi. Trader yang menggunakan sentiment analysis mencari tahu apa yang sedang dibicarakan oleh investor dan bagaimana mereka bereaksi. Caranya antara lain dengan melakukan survey berisi pertanyaan tentang proyeksi pasar di masa depan. Trader kemudian memilih aksi berlawanan dengan apa yang dikatakan oleh mayoritas responden

Settlement Period

Waktu yang dibutuhkan untuk memperhitungkan dan menuntaskan hasil transaksi antara dua pihak.

Settlement Price

Harga penutupan sesi perdagangan.

Short Position

Posisi jual.

Sovereign Debt

Surat hutang atau obligasi yang dikeluarkan oleh suatu negara dalam mata uang asing untuk membiayai perekonomian. Sovereign debt biasanya merupakan investasi yang lebih beresiko bila dikeluarkan oleh negara berkembang dibandingkan oleh negara maju. Stabilitas pemerintahan menjadi faktor penting untuk menilai resiko investasi pada surat hutang negara tersebut dan peringkat hutang sangat membantu investor untuk mempertimbangkan resikonya.

Spekulasi

Investasi pada produk keuangan dengan mengharapkan laba dari apresiasi atau depresiasi harga selama periode tertentu. Secara istilah, dapat diartikan bahwa pihak spekulator mencari cara untuk ‘buy low and sell high’ atau ‘sell high and buy back at a lower price’. Di pasar forex, trader ritel berspekulasi saat ingin meraih keuntungan dari penguatan kurs mata uang terhadap mata uang lainnya.

Spot Price

Harga acuan saat ini bila ingin membeli atau menjual suatu produk investasi di pasar.

Spot Trade

Transaksi mata uang atau komoditas untuk pengiriman dalam waktu dekat.

Stagflasi

Suatu periode ketika suatu perekonomian tidak mengalami pertumbuhan tapi inflasi tinggi. Stagflasi terbentuk saat tingkat pengangguran meningkat dan produksi bisnis menurun, sementara harga barang dan jasa lebih tinggi. Stagflasi berdampak besar terhadap nilai mata uang. Bank sentral tidak memiliki banyak ruang untuk menaikkan suku bunga karena hal itu tidak akan cukup memerangi kenaikan harga-harga. Ketika lonjakan harga tidak proporsional dengan tingkat suku bunga, maka nilai tukar mata uang terdepresiasi dan daya beli konsumen turun. Pasar valuta asing melihat stagflasi sebagai pengaruh negatif terhadap mata uang domestik.

Sterling

Sebutan pasar bagi poundsterling Inggris (kode:GBP)

Stochastic

Sebuah indikator analisa teknikal yang memperbandingkan harga penutupan dengan harga terendah dan tertinggi pada periode tertentu. Stochastic dihitung dengan mengambil harga low terendah dan harga high tertinggi pada beberapa periode trading terdahulu (biasanya sebanyak 14 harga). Perbedaan antara harga penutupan terkini dan low terendah dipisahkan oleh perbedaan antara high tertinggi dan low terendah, hasilnya kemudian dikalikan 100. Stochastic digunakan untuk mengetahui apakah sebuah pergerakan sudah terlampau jenuh (overbought atau oversold). Berdasarkan prinsip teknikal, saat stochastic oscillator naik melampaui 80% maka harga sudah overbought. Sedangkan ketika oscillator jatuh ke bawah 20% maka harga sudah oversold. Stochastics dikenal sebagai penentu sinyal jual dan beli terkuat dibanding indikator lain.

Stocks

Instrumen yang menunjukkan kepemilikan parsial dari aset dan laba sebuah perusahaan publik. Pemilik saham berhak atas keuntungan usaha sesuai dengan jumlah kepemilikan saham. Saham dapat diperjualbelikan di pasar saham seperti New York Stock Exchange, Bursa Efek Indonesia.

Stocky

Sebutan pelaku pasar bagi mata uang krona Swedia.

Stop-loss Order

Perintah untuk menutup posisi secara otomatis jika suatu level harga sudah tercapai guna membatasi jumlah kerugian.

Strategist

Individu yang melakukan riset untuk membuat prediksi mengenai pergerakan harga suatu instrumen dengan mengindentifikasi dan memonitor faktor-faktor penggerak dari suatu pasar.

Suku Bunga

Besaran imbal yang harus dibayar oleh peminjam (debitur) kepada pihak yang meminjamkan uang. Pemberlakuan Interest rates tertentu mengacu pada pertumbuhan investasi. Kenaikan rates merupakan upaya suatu negara untuk mendorong gairah investasi karena imbal hasil juga menjadi lebih tinggi. Dengan demikian, permintaan terhadap mata uang suatu negara turut meningkat. Ketika bank sentral mengubah interest rates, maka nilai tukar mata uang domestik terhadap valuta asing berubah pula. Pengertian interest rates berbeda dengan nominal rates. Nominal interest rates adalah imbal hasil murni tanpa penyesuaian dengan tingkat inflasi. Adapun interest rates riil adalah nominal rate dikurangi efek dari inflasi.

Supply and Demand

Suplai merupakan jumlah barang atau aset yang tersedia. Adapun permintaan adalah jumlah aset atau barang yang yang ingin dibeli konsumen. Ketika suplai naik, maka harga akan turun. Sebaliknya, saat suplai turun, maka harga naik.

Support

Level harga dimana aksi beli diperkirakan terjadi (Tahanan Bawah - kebalikan dari resistance)

Surplus

Kelebihan jumlah pemasukan pada neraca perdagangan, neraca pembayaran atau anggaran pemerintah.

Swap Mata Uang

Peralihan dari aksi jual atau beli suatu mata uang dengan pihak lain. Adapun pihak pertama yang melakukan langkah ini dikenakan bunga yang sudah ditetapkan oleh pihak kedua.

Swissy

Sebutan pelaku pasar bagi franc Swiss franc (kode:CHF)