Senin, 20 November 2017

GLOSSARY

Go to letter

Balance of Trade – Neraca Perdagangan

Selisih antara jumlah pemasukan impor dan ekspor suatu negara pada periode tertentu.

Bank Sentral

Institusi negara yang berperan menentukan kebijakan moneter. Bank sentral berperan besar dalam pasar mata uang karena memiliki pengaruh langsung terhadap suplai uang. Bank sentral juga bisa berpartisipasi di pasar valas dengan menjual dan membeli aset valuta supaya tidak kurs mata uang domestik lebih terkendali.

Bar chart

Sebuah jenis grafik yang digunakan pada pasar keuangan. Bar chart memiliki 4 titik utama: level high dan low yang membentuk batang vertikal. Harga pembukaan terletak di sisi kiri batang dan harga penutupan berada di sisi kanan.

Base Currency – Valuta Acuan

Mata uang yang disebut pertama kali pada sebuah pasangan valuta. Mata uang tersebut menjadi acuan perbandingan nilai antara valuta pertama dan ke dua.

Base Rate – Suku Bunga Acuan

Istilah yang digunakan di Inggris untuk mengartikan suku bunga yang dikenakan oleh bank kepada pihak peminjam. Peminjam dengan kualitas bagus akan membayar lebih rendah dibanding bunga acuan.

Basis Point

Satu persen dari satu persen. Satuan yang lazim digunakan oleh perbankan maupun bank sentral untuk menghitung tingkat penyesuaian suku bunga.

Bear

Pihak yang meyakini bahwa sebuah harga akan turun.

Bearish Market

Kondisi pasar yang sedang mengalami tren penurunan harga.

Beige Book

Ringkasan kondisi ekonomi di berbagai wilayah Amerika Serikat (AS) yang ditujukan untuk Dewan Bank Sentral. Setiap bank sentral cabang mengumpulkan informasi tentang kondisi ekonomi di distrik masing-masing. Informasi didapat dari hasil wawancara direktur bank sentral dengan pebisnis besar, ekonom, pakar dan sumber lain. Beige book meringkas informasi berdasarkan distrik dan sektor. Laporan ini memberi pencerahan bagi khalayak tentang apa yang dihadapi the Fed menjelang pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC).

Bid price

Harga beli suatu mata uang di pasar.

Bid/ask spread

Selisih antara harga jual dan beli.

BIS

BIS adalah singkatan dari Bank of International Settlement. BIS bertugas mengawasi aktifitas serta memajukan kerjasama antar bank sentral guna membangun pasar yang lebih efisien. Tujuan utama BIS ada dua, yaitu mengatur kecukupan modal dan melaksanakan transparansi persyaratan cadangan.

Breakout

Pergerakan harga melampaui support atau resistance tertentu. Biasanya diikuti oleh kenaikan volatilitas dan volume yang besar.

Broker

Pihak ke tiga yang menangani eksekusi jual beli suatu mata uang dan produk investasi lain. Pendapatan operasional broker berdasarkan komisi dari transaksi nasabah.

Building Permits

Suatu data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang menghitung jumlah pembangunan rumah baru dan perizinan untuk mendirikan bangunan pada suatu periode tertentu. Housing starts and building permits adalah salah satu indikator yang dapat dijadikan tolok ukur pertumbuhan ekonomi. Terdapat korelasi antara housing starts and building permits dengan pergerakan produk di pasar. Saat housing starts naik, maka pasar obligasi lazimnya turun, saham naik dan dollar hanya sedikit terpengaruh. Sebaliknya ketika housing starts turun, maka pasar obligasi biasanya naik, saham turun dan dollar hanya sedikit sekali terpengaruh.

Bull

Pihak yang meyakini bahwa suatu harga akan naik.

Bullish Market

Kondisi pasar yang digerakkan oleh kenaikan harga.

Bursa

Tempat transaksi komoditas, saham dan futures diselenggarakan

Business Inventories

Laporan total angka penjualan dan inventaris pada sektor manufaktur, perkulakan dan ritel Amerika Serikat.