Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

GLOSSARY

Go to letter

Cable

Sebutan populer bagi pasangan mata uang GBP/USD.

Capital risk

Sejumlah dana yang diinvestasikan oleh investor pada aset yang memiliki resiko tinggi.

Carry Trade

Strategi trading dimana investor/trader menjual atau membeli aset (seperti mata uang) dengan suku bunga lebih rendah untuk kemudian mendanai atau membeli aset dengan imbal hasil lebih tinggi. Contoh: yen, sering dijadikan sebagai alat carry trade

Cash market

Pasar tempat transaksi kontrak options atau futures.

Central bank

Institusi negara yang berperan menentukan kebijakan moneter. Bank sentral berperan besar dalam pasar mata uang karena memiliki pengaruh langsung terhadap suplai uang. Bank sentral juga bisa berpartisipasi di pasar valas dengan menjual dan membeli aset valuta supaya tidak kurs mata uang domestik lebih terkendali.

Chart Indicators

Indikator yang digunakan dalam analisa teknikal, di antaranya: Bollinger Bands MACD (Moving Average Convergence Divergence) Parabolic SAR Stochastics RSI (Relative Strength Index) Moving Average RSI(SMA) RSI(EMI) Momentum MC Volume ADX OBV MFI Williams % Range ROC Volatility Standard Deviation – Deviasi Standar Trend Line Elliott Wave

Chartist

Pihak yang menggunakan grafik dan chart dalam bertransaksi dan biasa dikenal sebagai trader teknikal.

Cleared Funds

Dana yang sedang tersedia dan bisa digunakan.

Clearing

Proses penyelesaian sebuah transaksi.

Clearing Price

Nilai nominal yang ditetapkan pada sebuah aset dan merupakan harga kompromi antara pihak pembeli dan penjual.

Closed Position

Sebuah posisi transaksi yang sudah ditutup atau dihentikan.

Collateral

Sesuatu yang bernilai riil dan dipergunakan sebagai jaminan suatu pinjaman.

Commission

Biaya transaksi yang dikenakan oleh pialang.

Commodities Futures Trading Commission (CFTC)

Lembaga pemerintah Amerika Serikat (AS) yang didirikan tahun 1974 guna mengawasi futures komoditas dan pasar options. Kepemimpinan CFTC dipegang oleh lima komisaris yang dipilih oleh presiden AS dan berbasis di Washington. CFTC memiliki misi untuk melindungi pasar dari praktik penipuan, manipulasi dan cara ilegal terkait dengan futures komoditas dan perdagangan options. Dengan demikian, integritas pasar futures AS tetap terjaga karena segala informasi disebarluaskan secara transparan. Bursa yang diawasi oleh CFTC adalah: Chicago Board Options Exchange Chicago Board of Trade Chicago Mercantile Exchange HedgeStreet U.S. Futures Exchange Kansas City Board of Trade Minneapolis Grain Exchange New York Mercantile Exchange New York Board of Trade OneChicago

Commodity Research Bureau Index

Indeks yang berisi kumpulan komoditas yang sensitif (terhadap tren konsumsi warga) dan didesain untuk mengukur pergerakan umum di pasar komoditas Amerika Serikat. Indeks ini terdiri dari: Lemak dan Minyak: minyak kedelai, mentega dan lemak. Tekstil dan serat: pakaian, kain goni, wol dan katun. Pangan: gula, kakao, cocoa, gandum Kansas City, daging sapi, jagung,gandum, gandum Minneapolis. Logam: timah, tembaga, baja, seng.

Consolidation

Kondisi ketiadaan tren pada suatu rentang pergerakan tertentu. Biasanya terjadi setelah periode uptrend atau downtrend dan bisa dilihat sebagai bentuk ketidakpastian. Masa konsolidasi segera berakhir saat harga menembus garis support atau resisten.

Consumer Confidence Index

Indeks hasil survei terhadap 5,000 konsumen untuk mengetahui pendapat mereka tentang situasi ekonomi dan pola belanja masing-masing. Lebih jauh, mereka juga ditanya soal kepercayaan untuk membeli barang mahal. Laporan tersebut kemudian dibagi ke dalam dua bagian, yakni apa yang sedang dirasakan konsumen saat ini dan ekspektasi mereka untuk beberapa bulan ke depan.

Consumer Price Index

Indeks yang mengukur perubahan harga sekelompok barang dan jasa yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti sandang, pangan, papan, energi, transportasi, layanan kesehatan, rekreasi dan pendidikan. CPI juga lazim dikenal sebagai indeks biaya hidup.

Consumer Sentiment

Laporan yang dibuat oleh Pusat Survei Konsumen Universitas Michigan guna mengukur optimisme konsumen terhadap perekonomian Amerika Serikat (AS). Survei dilakukan terhadap 500 rumah tangga untuk memantau kondisi keuangan dan perilaku belanja warga negara.

Correction

Penurunan harga.

Counter Currency

Mata uang ke dua pada sebuah pasangan valuta.

Country Risk

Resiko tambahan dari sebuah investasi internasional.

Cover

Segala aksi menutup posisi.

Credit Rating

Nilai kredit sebuah negara, sektor bisnis maupun individu. Dibuat berdasarkan evaluasi terhadap sejarah kredit dan kemampuan untuk membayar beban hutang sebagaimana diperhitungkan dari nilai aset dan besaran hutang terkini.

Credit Risk

Peluang gagal bayar hutang suatu pihak

Cross Currency Pair

Pasangan mata uang dimana suatu valuta diperdagangkan terhadap valuta lainnya selain mata uang dollar AS

Crude Oil Inventories

Jumlah volume minyak mentah, bahan bakar dan penyulingan suatu negara pada periode tertentu. Untuk Amerika Serikat biasa dirilis tiap hari Selasa (API) dan Rabu (EIA).

Currency

Segala bentuk uang yang diterbitkan oleh pemerintah untuk digunakan sebagai alat transaksi.

Currency Basket

Sekelompok mata uang pilihan yang bobot rata-ratanya digunakan untuk mengukur nilai atau jumlah obligasi. Currency basket berfungsi sebagai tolok ukur pergerakan mata uang regional.

Currency Impact

Dampak dari nilai tukar riil suatu mata uang.

Currency Pair

Dua mata uang yang digunakan sebagai produk transaksi.

Currency Risk

Peluang terjadinya efek negatif dari nilai tukar suatu mata uang.

Current Account Balance

Laporan yang memaparkan pembayaran suatu negara terkait dengan Balance of Payments (BOP), Capital Account dan Financial Account. Pada dasarnya, Current Account Balance adalah cara pengukuran paling luas dari arus modal, barang dan jasa internasional, baik dari dalam maupun ke luar negeri.