Kamis, 30 Maret 2017

breaking-news GDP AS Q4 direvisi naik menjadi 2.1%, Klaim Penganguran turun menjadi 258K.

GLOSSARY

Go to letter

Daily Chart

Grafik yang menunjukkan pergerakan suatu produk investasi pada satu hari tertentu.

Day Trader

Pedagang yang membuka dan menutup posisi perdagangan dalam satu hari yang sama

Dealer

Individu atau perusahaan yang berperan sebagai pihak utama dalam pembelian maupun penjualan suatu produk. Karakteristik dealer berbeda dengan broker, yang mengelola dana atas nama nasabah. Dealer bertanggungjawab dalam pengelolaan resiko dan kinerja akunnya sendiri.

Default

Situasi dimana suatu pihak gagal membayar beban hutang yang ditanggungnya. Bentuk hutang bisa berupa pinjaman, hipotek, surat berharga maupun nota kesepakatan. Pihak peminjam (debitur) juga dinyatakan default apabila melanggar ketentuan syarat pinjaman, misalnya terlambat membayar cicilan.

Defisit

Situasi ketika jumlah beban melampaui nilai aset, pendapatan melampaui pemasukan impor melampaui ekspor atau kerugian lebih besar dibanding laba.

Deflasi

Penurunan harga sekelompok komponen utama barang dan jasa pada suatu wilayah. Deflasi adalah lawan arti dari inflasi. Ketika angka inflasi tahunan berbalik negatif, maka deflasi terpicu. Pengurangan suplai uang dan/atau pinjaman biasanya menjadi penyebab deflasi.

Delivery

Pengiriman komoditas tertentu guna memenuhi ketentuan pada kontrak komoditas yang telah terjual.

Delivery Date

Tanggal pengiriman barang dilakukan sesuai ketentuan pada kontrak.

Depresi

Resesi perekonomian dalam skala lebih besar dan jangka waktu lebih lama. Apabila resesi pada umumnya terjadi selama satu tahun, maka depresi memakan waktu beberapa tahun. Beberapa pendapat memandang depresi terjadi saat Produk Domestic Bruto (GDP) riil turun lebih dari 10%.

Depresiasi

Penurunan nilai tukar suatu mata uang akibat perubahan ekonomi.

Derivatif

Kontrak keuangan yang nilainya tergantung pada pergerakan harga komoditas dan properti.

Devaluasi

Penurunan nilai tukar mata uang secara sengaja karena kebijakan pemerintah

Dovish

Gaya bahasa yang menggambarkan cara pandang atau proyeksi tidak agresif terhadap peristiwa ekonomi tertentu. Istilah ini lazim digunakan ketika pejabat bank sentral lebih memilih untuk pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja dibanding pengetatan suku bunga. Lawan arti dari Dovish adalah Hawkish.

Down Tick

Harga jual mata uang yang lebih rendah dibanding harga jual sebelumnya.

Drawdown

Pengurangan jumlah akun trading sejak dari satu atau beberapa sesi perdagangan terdahulu. Perhitungannya adalah persentase kerugian Anda terhadap modal awal. Misalnya: akun trading awal Anda sebesar $10,000. Kemudian Anda merugi selama dua hari, masing-masing kerugian sebesar $2,500. Dengan demikian, akun Anda kini sebesar $5,000 = Drawdown 50%.

Durable Goods Orders

Tolok ukur kunci dari aktifitas manufaktur di masa mendatang. Perhitungannya mencakup volume mata uang dollar pada transaksi pesanan, pengiriman dan pesanan barang-barang tahan lama yang tidak terpenuhi. Durable goods sendiri diartikan sebagai barang baru atau bekas pakai dengan daya tahan pemakaian sampai tiga tahun atau lebih.