Selasa, 28 Februari 2017

breaking-news Berdasarkan perhitungan kedua GDP AS tumbuh 1.9% di Q4, lebih rendah dari estimasi 2.1%.

GLOSSARY

Go to letter

Easing

Penurunan kurs mata uang domestik karena kebijakan moneter yang longgar yang dibuat oleh bank sentral.

Ekspor

Aktifitas pengiriman segala bentuk barang, komoditas atau jasa ke luar negeri sesuai kesepakatan dalam perjanjian jual beli.

Employment Change

Laporan yang menunjukkan perubahan pada sektor lapangan kerja pada bulan sebelumnya. Pada laporan tersebut bisa dilihat jumlah warga yang kehilangan maupun mendapat pekerjaan. Angka negatif menunjukkan jumlah orang yang kehilangan pekerjaan lebih banyak dibanding orang yang mendapat pekerjaan. Sementara angka positif menunjukkan sebaliknya. Laporan tenaga kerja sangat penting karena memiliki kaitan erat dengan pengeluaran konsumen. Pertumbuhan tenaga kerja yang baik menggambarkan pertumbuhan ekonomi yang baik pula.

Employment Report

Laporan dari sektor tenaga kerja yang dirilis setiap bulan, seperti Unemployment rate, Average Hourly Earnings dan the Non Farm Payrolls. Data Non Farm Payrolls adalah yang memiliki dampak besar terhadap pergerakan di pasar forex

End of Day Order

Perintah transaksi untuk membeli atau menjual di akhir hari perdagangan. End of day order biasa disingkat dengan EOD.

Entry Order

Perintah untuk mengambil posisi pada suatu level harga tertentu. Apabila nilai tukar suatu pasangan mata uang tidak mencapai level yang diperintahkan, maka eksekusi urung terjadi. Terdapat tiga jenis entry orders: - Market order: memperbolehkan trader untuk menjual atau membeli pada level harga saat ini. - Limit order: perintah untuk membeli di bawah harga atau menjual di atas harga saat ini. Langkah tersebut diambil bila trader memandang bahwa harga akan berbalik arah setelah menyentuh level harga tertentu. - Stop order: perintah untuk membeli di atas harga pasar atau menjual di bawah harga saat ini. Langkah tersebut dilakukan bila trader memandang bahwa harga akan terus bergerak satu arah setelah mencapai suatu level tertentu.

Euro

Satuan mata uang 17 negara Eropa (kode:EUR)

Euro zone

Sebutan bagi 17 negara Eropa pengguna mata uang tunggal euro. Negara-negara tersebut adalah: Austria, Belgia, Prancis, Finlandia, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Luxemburg, Belanda, Portugal, Slovenia, Spanyol, Siprus, Malta, Slovakia, dan Estonia. Valuta euro resmi dipergunakan tanggal 1 Januari 1999 pada wilayah 13 negara pelopor. Tujuan utama dari penggabungan mata uang adalah untuk membentuk stabilitas nilai tukar dan perekonomian super power. Estonia menjadi negara terakhir yang bergabung dalam komunitas pengguna euro pada 1 Januari 2011. Dengan demikian, eurozone mewakili 329 juta warga di wilayah Eropa.

European Central Bank

Bank sentral kawasan pengguna mata uang tunggal euro yang terdiri dari 16 negara Eropa. Tugas utama bagi ECB adalah menjaga daya beli valuta euro dan stabilitas harga di seluruh negara penggunanya. Didirikan pada 1 Juni 1998, kantor ECB berpusat di Frankfurt, Jerman. Pemegang kebijakan salah satu bank sentral terpenting dunia ini adalah Dewan Direktur dan Dewan Gubernur. Adapun pucuk pimpinan tertinggi dipegang oleh seorang kepala (president). Anggota Dewan Gubernur adalah perwakilan dari sentral bank lokal yang tergabung dalam European System of Central Banks (ESCB). Fungsi utama ECB juga meliputi pengendalian tingkat inflasi agar tetap dalam kisaran 2%. Di samping itu, ECB bertugas mendukung segala kebijakan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah Uni Eropa. Sesuai amanat Treaty of Rome, bank sentral juga bertanggungjawab mengawasi pergerakan valuta asing, bekerjasama dengan pejabat negara anggota yang mengawasi cadangan devisa dan mempromosikan sistem pembayaran yang baik.

European Financial Stability Facility

European Financial Stability Facility (EFSF) didirikan oleh 27 anggota Uni Eropa (EU) untuk mempromosikan stabilitas keuangan. EFSF bertugas memberi bantuan finansial bagi anggota eurozone yang memiliki masalah ekonomi.

European Monetary Union

Suatu badan ekonomi gabungan dari negara anggota Uni Eropa pengguna valuta euro.

Exchange

Tempat transaksi komoditas, saham dan futures diselenggarakan.

Exchange Rate Risk

Resiko nilai tukar - Peluang kerugian akibat pergerakan nilai tukar mata uang secara berlawanan.

Existing Home Sales

Laporan angka penjualan rumah tangan ke-dua (sudah pernah ditempati sebelumnya) yang dirilis setiap bulan.

Exotic Currency

Sebutan bagi mata uang yang tidak lazim diperdagangkan.

Expiry Date

Hari terakhir bagi pemegang hak suatu produk untuk mengeksekusi hak jual maupun beli dari jaminan suatu kontrak.