Selasa, 28 Februari 2017

breaking-news Berdasarkan perhitungan kedua GDP AS tumbuh 1.9% di Q4, lebih rendah dari estimasi 2.1%.

GLOSSARY

Go to letter

Factory Orders

Laporan yang dirilis oleh Biro Sensus Amerika Serikat mengenai jumlah pesanan bagi produk pabrik-pabrik. Komponen laporan factory orders terbagi dua, yakni laporan durable goods (barang tahan lama) dan non-durable goods (barang tidak tahan lama).

Fading

Teknik trading dimana seorang trader berasumsi bahwa pergerakan naik secara cepat adalah berlebihan. Trader kemudian mengambil posisi jual pada level tertentu sebelum pergerakan berbalik turun. Teknik ini sangat beresiko karena melawan tren sama artinya dengan mengurangi kemungkinan meraih laba.

Fed

Sebutan umum bagi The Federal Reserve of the United States (Bank Sentral Amerika Serikat).

Federal Reserve of the United States

Bank sentral Amerika Serikat (AS) yang bertanggung jawab memonitor dan melindungi suplai mata uang domestik. Didirikan pada tahun 1913, the Fed menaungi dewan gubernur dari 12 bank regional dan beberapa lembaga keuangan terkait.

Financial Risk

Kemungkinan bagi suatu pihak untuk gagal membayar beban keuangannya.

Fixed Exchange Rate

Nilai tukar mata uang baku yang ditetapkan oleh otoritas moneter.

Flat

Istilah untuk menggambarkan sebuah posisi harga netral yang terbentuk dari volume jual dan beli yang sama (netral). Oleh karena itu, flat juga dikenal dengan sebutan ‘square’ atau seimbang.

Floating Exchange Rate

Nilai tukar yang terbentuk sepenuhnya dari mekanisme pasar.

FOMC

Federal Open Market Committee - keuangan khusus dari bank sentral Amerika Serikat (AS) yang bertugas menentukan kebijakan suplai mata uang. Didirikan pada 1913, FOMC bertujuan membuat kebijakan moneter guna merespon kepanikan finansial dan perbankan ketika itu. Komite melakukan evaluasi terhadap kondisi ekonomi dan keuangan AS sebelum menentukan kebijakan moneter yang sesuai, termasuk di dalamnya mengelola suku bunga. Struktur kerja FOMC terdiri dari 12 anggota: 7 anggota berasal dari dewan gubernur the Fed dan Presiden the Fed regional New York serta 4 orang dari 11 presiden bank sentral regional (rotasi 1 tahun).

Foreign Exchange

Mata uang asing yang diperjualbelikan secara simultan melalui jasa broker atau dealer. Foreign exchange diperdagangkan secara berpasangan, misalnya euro dan dollar AS (EUR/USD) atau poundsterling dan yen Jepang (GBP/JPY). Produk yang diperjualbelikan bukan berupa mata uang fisik, namun merupakan nilai tukar satu valuta terhadap mata uang lainnya.

Forex Swap

Jenis ‘currency swap’ yang paling mudah diterapkan. Kesepakatan antara dua pihak untuk menukar sejumlah mata uang dengan mata uang lain dengan jumlah yang sama. Nilai tukar yang ditetapkan sesuai dengan spot harga terkini.

Franc

Satuan Mata uang Swiss (kode:CHF).

Fundamental

Faktor ekonomi makro yang mempengaruhi pasar investasi.

Fundamental Analysis

Penelitian terhadap studi fundamental yang menggerakkan pasar. Trader dapat menggunakan analisa fundamental sebagai metode utama dibanding aspek teknikal. Studi fundamental antara lain dilakukan dengan memantau perkembangan data ekonomi terbaru, peristiwa ekonomi penting maupun kebijakan moneter suatu negara.

Futures Contract

Kesepakatan jual beli sebuah produk atau barang pada suatu harga dan tanggal tertentu.