Minggu, 20 Agustus 2017

GLOSSARY

Go to letter

G20

Grup yang terdiri dari 20 negara perekonomian penting dunia, yaitu Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Republik Korea, Turki, Inggris dan Amerika Serikat (AS). Anggota resmi dari G20 adalah kepala bank sentral dan menteri keuangan dari negara-negara tersebut. Adapun perwakilan European Monetary Union adalah European Central Bank (ECB). G20 merupakan representasi dari dua per tiga populasi dunia yang memberi kontribusi transaksi perdagangan global lebih dari 80%.

G7

Grup yang terdiri dari 7 negara industri besar, yakni: Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Prancis, Inggris, Kanada dan Italia.

Garis Tren

Salah satu komponen dasar dari pola pada analisa teknikal. Untuk membuat trendline, hubungkan harga tertinggi dan terendah dari suatu harga di grafik, maka hasil yang tercapai itu adalah trendline. Terdapat dua jenis trendline; uptrend line didapat dengan menghubungkan harga terendah terbaru dengan harga terendah sebelumnya. Adapun downtrend line didapat dengan menghubungkan harga tertinggi terbaru dengan harga tertinggi sebelumnya yang lebih rendah. Trendline sangat akurat untuk memprediksi level support dan resisten.

GDP

Gross Domestic Product - Nilai akumulasi seluruh produksi barang dan jasa suatu negara. Pertumbuhan output setiap periode diartikan sebagai kenaikan hasil produksi tanpa menghitung tingkat inflasi pada periode tersebut.

German GfK Consumer Confidence

Survei untuk mengetahui tingkat kepercayaan konsumen Jerman pada suatu periode. Jajak pendapat tersebut diselenggarakan oleh lembaga riset pasar ,GfK.

German IFO Business Climate Survey

Survei untuk mengetahui iklim bisnis terkini negara Jerman. Responden juga diminta memberi proyeksi bisnis untuk 6 bulan ke depan.

Globalisasi

Istilah untuk mendeskripsikan integrasi antara ekonomi dan budaya yang berbeda melalui komunikasi, transportasi dan kebijakan ekonomi. Sifat saling ketergantungan antara negara perekonomian kian nyata karena ditunjang oleh kemajuan teknologi dan kebijakan ekonomi pemerintah yang terbuka bagi pihak luar.

Going Long

Aksi membeli mata uang, komoditas atau saham untuk kepentingan investasi.

Going Short

Aksi menjual mata uang, komoditas dan saham. Pihak penjual belum memiliki produk tersebut, namun aksi jual bisa tetap berlangsung didasari kemudahan untuk short-sell, yakni fasilitas untuk menjual suatu produk (yang belum dimiliki) terlebih dahulu.

Gold

Komoditas logam mulia yang digunakan sebagai bahan baku perhiasan, produk elektronik dan sebagainya. Emas adalah jenis logam mulia yang paling banyak dijadikan sarana investasi dan alat tukar pengganti uang. Investor membeli emas untuk meraih keuntungan dari peningkatan harga atau demi melindungi nilai (safe haven) simpanan dari inflasi maupun tekanan politik dan ekonomi. Pemodal juga bisa langsung berinvestasi dengan membeli emas berbentuk fisik berupa batangan, koin maupun perhiasan.