Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

GLOSSARY

Go to letter

Harga Spot

Harga acuan saat ini bila ingin membeli atau menjual suatu produk investasi di pasar.

Hawkish

Gaya bahasa yang menggambarkan cara pandang atau proyeksi agresif terhadap peristiwa ekonomi tertentu. Istilah ini lazim digunakan ketika pejabat bank sentral memilih kenaikan suku bunga. Pejabat bank sentral disebut hawkish ketika mereka membuat pernyataan yang mengarah kepada kebijakan tersebut. Lawan arti dari Hawkish adalah Dovish.

Head and Shoulders

Salah satu pola pergerakan pada grafik teknikal yang dikenal sebagai salah satu pola reversal paling akurat. Head and Shoulders diambil dari bentuk grafik yang menyerupai sebuah kepala dan dua buah bahu yang menunjukkan tiga level high terakhir. Bentuk kepala merupakan titik high tertinggi di antara dua high yang lebih rendah.

Hedge

Kombinasi dari beberapa posisi berbeda yang diambil untuk meminimalisir resiko dibanding hanya masuk hanya pada sebuah posisi tertentu. Dalam penerapannya, investor akan mengambil beberapa posisi berlawanan pada pasar berbeda. Dengan demikian, keuntungan pasti lebih kecil dibanding jika investor mengambil satu posisi saja. Namun resiko kerugian dari suatu posisi juga berkurang karena diimbangi oleh keuntungan pada posisi lain. Hedge merupakan ‘asuransi’ ketika menghadapi situasi pasar yang tidak menentu.

Hedge Funds

Portofolio yang dikelola untuk menghasilkan imbal hasil tinggi dengan memakai strategi investasi agresif. Makna dari istilah hedge funds sangat bertolak belakang dengan arti harfiahnya. Hedge funds bertujuan memberi laba terbesar bagi investor. Dalam praktiknya, hedge funds meliputi produk perdagangan apa saja di pasar mata uang, mulai dari spot hingga futures dan swaps.

Hedging

Strategi yang digunakan untuk membatasi potensi kerugian akibat perubahan nilai tukar mata uang secara drastis. Dalam hal ini, suatu pihak mengelola berbagai bentuk produk seperti options mata uang, futures maupun kontrak secara bersamaan agar tingkat kerugian tidak terlalu besar.

Hiperinflasi

Suatu kondisi ketika level harga naik secara cepat karena nilai mata uang suatu negara turun. Fenomena ini lazim terjadi ketika kenaikan suplai uang tidak didukung oleh pertumbuhan GDP sehingga tingkat permintaan dan persediaan uang tidak seimbang. Ekonom biasanya menggunakan istilah hiperinflasi saat inflasi bulanan suatu negara sudah melampaui 50%.

Housing Starts

Suatu data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang menghitung jumlah pembangunan rumah baru dan perizinan untuk mendirikan bangunan pada suatu periode tertentu. Housing starts and building permits adalah salah satu indikator yang dapat dijadikan tolok ukur pertumbuhan ekonomi. Terdapat korelasi antara housing starts and building permits dengan pergerakan produk di pasar. Saat housing starts naik, maka pasar obligasi lazimnya turun, saham naik dan dollar hanya sedikit terpengaruh. Sebaliknya ketika housing starts turun, maka pasar obligasi biasanya naik, saham turun dan dollar hanya sedikit sekali terpengaruh.