Kamis, 29 Juni 2017

GLOSSARY

Go to letter

IFO Busines Climate Index

Survei bulanan yang dilakukan untuk mengukur kondisi bisnis perusahaan Jerman (manufaktur, konstruksi, grosir dan industri ritel) berikut dengan ekspektasi bisnis dalam enam bulan ke depan. Angka di atas 100 menunjukkan kondisi bisnis positif. Sebaliknya, angka di bawah 100 mengindikasikan sentimen negatif. IFO Busines Climate Index dipakai sebagai indikator ekonomi penting negara Jerman, yang memiliki kontribusi 25% terhadap GDP euro zone.

IMF

International Monetary Fund / Dana Moneter Internasional -- Organisasi yang membawahi 186 negara. Tujuan utamanya adalah melestarikan kerjasama moneter global, menjaga stabilitas keuangan, memfasilitasi perdagangan internasional, membuka lapangan kerja, memacu pertumbuhan ekonomi dan memberantas kemiskinan di seluruh dunia. IMF memantau kinerja sistem finansial negara anggota, khususnya yang memiliki dampak terhadap nilai tukar dan neraca pembayaran. IMF juga menawarkan pinjaman besar bagi negara miskin. Lembaga ini terbentuk pada bulan Juli 1944 pada forum UN Monetary and Financial Conference. Kebutuhan akan lembaga moneter global muncul ketika masa ‘Great Depression’. IMF dipimpin oleh seorang Direktur Pelaksana.

Impor

Segala barang dan jasa yang dibeli dari negara lain. Sebagai contoh, negara industri besar seperti Amerika Serikat dan Jepang lazimnya meng-impor minyak dari negara anggota OPEC karena tidak memiliki sumber daya sendiri. Istilah impor juga dipakai untuk menunjukkan nilai seluruh pengiriman barang dan jasa ke dalam suatu negara.

Indeks Dollar AS

Indeks yang mengukur nilai dollar AS relatif terhadap sekumpulan nilai tukar mata uang lainnya. Saat ini ada 6 nilai tukar yang menjadi faktor pengukuran indeks dollar AS yaitu euro, yen, poundsterling, dollar Kanada, krona Swedia dan franc Swiss dimana euro mempunyai porsi beban dalam perhitungan indeks sebesar 57,6%, yen 13,6%, poundsterling 11,9%, dollar Kanada 9,1%, krona Swedia 4,2% dan franc Swiss 3,6%.

Indeks Harga Konsumen

Indeks yang mengukur perubahan harga sekelompok barang dan jasa yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti sandang, pangan, papan, energi, transportasi, layanan kesehatan, rekreasi dan pendidikan. CPI juga lazim dikenal sebagai indeks biaya hidup.

Indeks Kepercayaan Konsumen

Indeks hasil survei terhadap 5,000 konsumen untuk mengetahui pendapat mereka tentang situasi ekonomi dan pola belanja masing-masing. Lebih jauh, mereka juga ditanya soal kepercayaan untuk membeli barang mahal. Laporan tersebut kemudian dibagi ke dalam dua bagian, yakni apa yang sedang dirasakan konsumen saat ini dan ekspektasi mereka untuk beberapa bulan ke depan.

Indikator Ekonomi

Laporan statistik dari pemerintah yang menunjukkan pertumbuhan dan stabilitas suatu komponen atau sektor perekonomian.

Industrial Production and Capacity Utilization

Salah satu data perekonomian Amerika Serikat (AS) yang dirilis setiap bulan oleh bank sentral. Dirancang untuk mengukur perubahan tingkat produksi di sektor industri, Industrial Production and Capacity Utilization (IPCU) dikategorikan ke dalam produk (barang konsumsi, peralatan bisnis, barang intermediate dan bahan baku) dan industri (manufaktur, mining dan utilitas).

Inflasi

Kenaikan harga-harga kebutuhan barang dan jasa selama jangka waktu tertentu. Inflasi terjadi ketika tingkat harga secara umum melonjak dan daya beli setiap unit mata uang melemah. Sebagai contoh, uang US$1 bisa digunakan untuk membeli 2 batang coklat pada tahun 2000. Namun pada tahun 2009, uang sejumlah itu hanya bisa ditukarkan dengan 1 batang coklat. Ekonom sepakat bahwa inflasi disebabkan oleh ketidakseimbangan antara pertumbuhan suplai uang dan ekspansi ekonomi. Alasan lain adalah kenaikan volume permintaan tanpa diimbangi oleh suplai memadai.

Initial Job Claims

Sebuah data ekonomi Amerika Serikat yang menunjukkan perubahan di sektor tenaga kerja. Diterbitkan oleh Employment and Training Administration of the Department of Labor, Initial Job Claims dirilis pada hari Kamis setiap pekan. Laporan berisi informasi tentang jumlah pengangguran yang melaporkan diri pada pekan sebelumnya, yang berakhir pada hari Sabtu. Initial Jobless Claims memperlihatkan jumlah individu bukan pekerja yang mengajukan tunjangan sosial pada negara.

Initial Margin

Jumlah dana awal yang harus disetor sebagai jaminan untuk melakukan transaksi.

Interbank Rates

Nilai tukar valuta asing yang ditetapkan bank-bank besar internasional terhadap bank lainnya.

Interest Rate Risk

Peluang kerugian dari perubahan suku bunga.

Interest Rates

Besaran imbal yang harus dibayar oleh peminjam (debitur) kepada pihak yang meminjamkan uang. Pemberlakuan Interest rates tertentu mengacu pada pertumbuhan investasi. Kenaikan rates merupakan upaya suatu negara untuk mendorong gairah investasi karena imbal hasil juga menjadi lebih tinggi. Dengan demikian, permintaan terhadap mata uang suatu negara turut meningkat. Ketika bank sentral mengubah interest rates, maka nilai tukar mata uang domestik terhadap valuta asing berubah pula. Pengertian interest rates berbeda dengan nominal rates. Nominal interest rates adalah imbal hasil murni tanpa penyesuaian dengan tingkat inflasi. Adapun interest rates riil adalah nominal rate dikurangi efek dari inflasi.

Intervensi

Aksi campur tangan bank sentral guna menstabilisasi nilai tukar valuta domestik.

Intraday Position

Posisi terbuka yang ditutup pada sesi akhir perdagangan di hari yang sama.

Investment Funds

Perusahaan manajemen investasi yang mengelola dana pihak lain, baik individu maupun institusi.

ISM Manufacturing Index

Indeks yang didapat dari survei terhadap lebih dari 300 perusahaan manufaktur Amerika Serikat. Penyelenggara survei adalah Institute of Supply Management. Tujuannya adalah untuk memantau kinerja sektor tenaga kerja, inventaris produksi, jumlah pesanan baru dan pengiriman dari supplier. Dengan demikian, didapat kondisi manufaktur nasional secara umum pada suatu periode.