Rabu, 18 Oktober 2017

gold-updates  Gold Updates

Analis Roubini: Penarikan QE ‘Bencana’ Bagi Emas

Selasa, 23 Juli 2013 21:07 WIB
Dibaca 440

Monexnews - Harga emas mungkin telah pulih cukup banyak dalam beberapa pekan belakangan, namun salah satu analis Roubini Global Economics meperingatkan bahwa “bencana” untuk emas akan segera datang, seiring dengan penarikan stimulus moneter oleh Federal Reserve yang terus menjadi fokus pasar. "Buruknya data AS dan turunnya tingkat inflasi mungkin dapat memperpanjang umur QE, memberikan dorongan naik bagi harga emas. Namun perekonomian AS sedang membaik dan QE akan berangsur ditarik, dan skenario ini yang dari dipersiapkan oleh investor emas," ucap Gary Clark, analis komoditas pada Roubini Global Economics.

Harga emas telah turun sebanyak 20% tahun ini, memasuki area bearish, terseret turun oleh prospek pemangkasan likuiditas di AS, bersamaan dengan turunnya ekspektasi inflasi. Namun emas telah pulih cukup banyak dalam beberapa pekan belakangan ini, rebound hampir sebesar 13% sejak akhir Juni setelah the Fed berjanji akan fleksibel terhadap waktu pemangkasan program pembelian obligasi senilai 85 milyar dollar per bulan tersebut.

Meski demikian, Clark memperingatkan bahwa ada tekanan turun besar yang akan datang pada harga emas, dan merekomendasikan untuk sell on rallies. Ia memperkirakan harga emas akan menutup tahun ini pada level $1,300 per ons sebelum anjlok hingga $1,000 di tahun 2014.

"Selain hilangnya resiko global seperti perpecahan pada zona euro dan krisis perbankan, serta ekspektasi tingkat inflasi yang rendah, tingkat pertumbuhan AS yang mulai pulih juga nampaknya akan terus menekan emas melalui aksi jual pada ETF, terutama mengingat ekspektasi normalisasi suku bunga," ucap Clark. Seiring kenaikan tingkat suku bunga, hal ini meningkatkan biaya kepemilikan emas, karena emas tidak memberikan bunga atau pun dividen. “Hal ini keterbalikan dari proses yang mendorong harga emas naik dari akhir tahun 2008 hingga pertengahan 2011, ketika investor menumpuk ETF emas pada kondisi yang sebaliknya," tambahnya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar