Sabtu, 18 November 2017

gold-updates  Gold Updates

Cemerlangnya Dollar Redupkan Kilau Emas

Jumat, 7 November 2014 10:24 WIB
Dibaca 312

Monexnews - Rally dollar dalam beberapa pekan terakhir membuat emas terus merosot, logam mulai tersebut kini menuju penurunan dalam tiga pekan beruntun, dan harga emas berada di level terendah 4, 1/2 tahun. Emas yang berdenominasi dollar cenderung tertekan jika mata uang AS tersebut menguat, penguatan bursa saham global membuat daya tarik emas sebagai aset safe haven semakin memudar.

Optimisme Federal Reserve terhadap perekonomian AS setelah mengakhiri quantitive easing pada pekan lalu membuat dollar rally. The Fed juga menyatakan tingkat suku bunga kemungkinan akan naik lebih cepat jika perekonomian AS terus menunjukkan peningkatan di atas estimasi. Kenaikan suku bunga dari bank sentral AS membuat emas yang juga dipandang sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi menjadi kurang menarik.

Semakin memudarnya kilau emas terlihat dari kepemilikan aset di SPDR Gold Trust, ETF berbasis emas terbesar di dunia, yang turun 3 metrik ton menjadi 732,83 ton pada hari Kamis kemarin, dan merupakan level terendah dalam enam tahun terakhir. Sepanjang tahun ini aset di SPDR turun 7,4%.

Beberapa analis memperkirakan harga emas akan menuju $1.000 per troys ons. Goldman Sach Group Inc. memperkirakan harga emas akan turun ke level $1.050 pada akhir tahun ini. Sementara ABN Amro memperkirakan emas akan berakhir pada level $1.100 pada akhir tahun ini, dan $800 akhir tahun depan. Dengan demikian emas berpeluang mencatat penurunan tahunan beruntun pertama sejak tahun 1998. emas pada tahun lalu mengakhiri penguatan dalam 12 tahun beruntun setelah anjlok 28%, dan menjadi penurunan terbesar dalam tiga dekade terakhir. 

Emas diperdagangkan pada kisaran $1.140,15 per troy ons pada pukul 10.20 WIB (platform Monex Trader). (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar