Jumat, 18 Agustus 2017

gold-updates  Gold Updates

Emas Kembali ke "Jalur Hijau"

Senin, 2 April 2012 20:39 WIB
Dibaca 533

Monexnews -

Setelah sempat tertekan di teritori ‘merah’ paska data  yang lemah di Eropa dan bersamaan memicu pelemahan bursa saham dan minyak mentah, Emas berupaya bangkit lagi meskipun komoditas lainnya seperti minyak tetap lanjutkan pelemahan. 

Di lain sisi, korelasi Dollar dengan Emas hari ini mulai berubah, dimana dollar melemah bersamaan dengan pelemahan Emas, dan ketika Dollar berbalik positif, harga Emas pun ikut-ikutan berbalik positif.

Perubahan korelasi ini menandakan juga kondisi pasar lebih tenang dibanding periode sebelumnya ketika diterpa berbagai badai krisis. Berdasarkan historis, sentimen para pelaku pasar cenderung mudah dibaca ketika kondisi market dipenuhi ketakutan, karena korelasinya dengan berbagai aset merangkak naik, misalnya saham dan Emas naik, sementara Dollar melemah, atau sebaliknya saham dan Emas turun, maka Dollar menguat karena dikendalikan oleh sentimen risk on/off para spekulator.

Di jangka panjang, kebanyakan analis masih cukup yakin pada trend kenaikan Emas, dan diperkirakan masih terjadi aksi buy on weakness, meskipun permintaan terhadap Emas akhir-akhir ini mulai menurun khususnya yang terjadi pada aksi mogok pengusaha perhiasan di India.

Secara teknikal, di jangka pendek Emas masih berpotensi lanjutkan fase konsolidasi harga, dengan range sempit di antara 1666 s.d 1670. Anjlok dibawah area 1666 seharusnya dapat memicu penurunan harga setidaknya mengincar target 1659, sebaliknya jika harga berhasil berbalik lagi diatas area 1670, reli akan menguji area resisten selanjutnya di 1677 & 1684.

Dari sentimen global, slowdown & krisis hutang EU di offset oleh ekonomi China yang mulai tumbuh serta bahaya inflasi akibat kebijakan printing money The Fed. Secara technical Emas cenderung membentuk tren naik menuju diatas 1696, rekomen akumulasi.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar