Jumat, 24 November 2017

gold-updates  Gold Updates

Emas Mencoba Untuk Pulih

Rabu, 3 Juli 2013 10:48 WIB
Dibaca 199

Monexnews - Emas mencatatkan penguatan tipis di sesi Asia seiring merebaknya resiko geopolitik yang dapat meningkatkan daya tarik emas sebagai aset safe-haven. Kondisi Mesir memburuk seiring merebaknya kekhawatiran militer akan melakukan kudeta terhadap Presiden Mursi dalam waktu dekat. Militer telah memberikan waktu hingga Rabu pukul 22.00 WIB agar Mursi membagi kekuasaannya dengan pihak oposisi demi mengakhiri aksi demonstrasi. Di lain pihak, demonstran meminta Mursi untuk menanggalkan jabatannya sebagai presiden namun Mursi tetap bersikeras dia layak menjadi Presiden setelah partainya menjadi pemenang pemilu tahun lalu. Mursi juga menyerukan pihak militer untuk menarik kembali ultimatumnya. Investor khawatir krisis Mesir dapat menular ke negara lainnya di Timur Tengah dan memicu kembali revolusi Arab yang pernah mewarnai kawasan tersebut dua tahun lalu.

Gejolak politik di Portugal dan Italia juga membuat investor khawatir dengan stabilitas politik zona-euro. Ada kekhawatiran koalisi pemerintahan Portugal tidak akan bertahan lama setelah Menteri Luar Negeri dan Menteri Keuangan Portugal mengundurkan diri dari kabinet pemerintah. Investor juga terlihat waspada menjelang pertemuan partai pendukung koalisi pemerintahan Italia besok setelah partai Civic Choice mengancam akan menarik dukungan terhadap Perdana Menteri Letta.

Meski demikian, sentimen emas masih rapuh dengan tidak begitu banyaknya permintaan fisik di Asia dan berlanjutnya penurunan kepemilikan emas berbasis ETF. Investor India tidak begitu berminat membeli harga emas seiring mengetatnya peraturan pemerintah yang berupaya untuk meredam impor emas ke India. Kepemilikan emas SPDR Gold Trust, ETF berbasis emas terbesar di dunia, turun 0,37% menjadi 964,69 pada hari Selasa. XAU/USD kini diperdagangkan $1245.60; coba menjauhi level rendah harian $1241.71 (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar