Jumat, 20 Oktober 2017

gold-updates  Gold Updates

Emas Terimbas Komentar Draghi

Kamis, 4 April 2013 20:29 WIB
Dibaca 337

Monexnews -

Komentar dari Presiden ECB, Mario Draghi setelah menetapkan tingkat suku bunga ECB tetap di level 0.75% sesuai ekspektasi cukup berpengaruh terhadap Emas. Hal ini bisa terjadi karena pergerakan Dollar terhadap Euro menjadi semakin fluktuatif.

Meski komentar Draghi sebagian besar tidak berubah dibanding bulan lalu, namun terdapat kecemasan baru mengenai resiko penurunan ekonomi di semester kedua sehingga ECB merasa perlu memonitor perkembangan data ekonomi dan mengambil tindakan pelonggaran moneter tambahan jika memang diperlukan. Otomatis hal ini mengindikasikan adanya peluang pemangkasan suku bunga, sehingga menghambat penguatan EURUSD.

Kondisi yang dialami ECB sangat kontras dengen The Fed, meski keduanya sedang dalam mode pelonggaran moneter yang agresif, namun ECB berdebat apakah diperlukan penambahan stimulus sedangkan The Fed berdebat untuk mengurangi program pembelian aset. Divergensi ini tentunya memainkan peranan penting terhadap EURUSD sehingga Emas turut terimbas seiring dengan pelemahan Euro dan penguatan Dollar turut menyeret harga Emas.

Terpantau sejauh ini harga spot Emas anjlok -0.67% di level $1,547.65 per troy ons, setelah meraih titik tertinggi intraday di $1,559.63 dan level terendah hariannya di $1,540.43. Secara teknikal bias intraday Emas masih bearish di jangka pendek, dengan resisten terdekat tampak di area 1555 & 1562. Di sisi bawahnya, support terdekat di area 1540, anjlok lagi dibawah area tersebut seharusnya dapat menambah tekanan bearish untuk menguji support kuat di kisaran 1533.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar