Jumat, 24 November 2017

gold-updates  Gold Updates

Emas Terkonsolidasi Menanti Petunjuk Arah Selanjutnya

Jumat, 26 Juli 2013 21:40 WIB
Dibaca 179

Monexnews -

Harga Emas masih melanjutkan pelemahan secara moderat paska data sentimen konsumen AS yang menunjukkan kenaikan ke level tertinggi dalam 6 tahun terakhir di level 85.1 dibanding sebelumnya 83.9 dan melampaui estimasi di 84.0. Selanjutnya pergerakan Emas kemungkinan akan memasuki fase konsolidasi sembari menunggu petunjuk arah berikutnya di pekan depan ketika Federal Reserve mengadakan rapat kebijakan moneter dan rilis data tenaga kerja AS yang berpengaruh pada penentuan pengurangan stimulus The Fed.

Secara terpisah IMF melaporkan di hari Jumat bahwa berbagai bank sentral di emerging market telah menambah cadangan devisa Emasnya selama bulan Juni. Russia termasuk salah satu buyer, sedangkan Jerman malah melakukan penjualan Emas di bulan lalu. Aksi bargain hunting Emas akhir-akhir ini setelah Emas sempat anjlok ke $1180 juga menunjukkan perilaku yang sama dengan aksi penambahan cadangan devisa Emas oleh bank sentral.

Katalis lainnya adalah faktor pelemahan Dollar AS seiring dengan kekhawatiran lonjakan yield pasar surat utang AS mendekati level tertingginya. Fase awal kenaikan yield treasury AS memang menyebabkan Dollar AS menguat akibat pengalihan resiko, namun jika yield treasury AS terus menanjak, hal ini dapat mengakibatkan keluarnya capital outflow dari pasar surat utang AS sehingga menyebabkan permintaan terhadap Dollar justru menyusut.

Bagaimanapun kekhawatiran pelambatan ekonomi China setelah dilaporkan indeks PMI yang jatuh dibawah estimasi masih menghambat penguatan Emas, sehingga secara keseluruhan harga Emas terkonsolidasi setelah sempat meraih level overbought di kisaran $1350 beberapa waktu lalu. Terpantau sejauh ini harga spot Emas melemah -0.69% di level $1,324.29, setelah sempat meraih titik tertinggi intraday di $1,340.65 dan level terendah hariannya di $1,320.85. 

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar