Jumat, 24 November 2017

gold-updates  Gold Updates

Kekhawatiran Tapering-Oktober Bungkam Emas

Senin, 23 September 2013 12:15 WIB
Dibaca 302

Monexnews - Harga emas dunia kembali mencatatkan penurunan terbesar dalam sepekan terakhir. Mengawali pekan ini (Senin, 23/9), harga logam mulia global kembali merosot sekitar 0,9% hingga ke area US$ 1.315/troy ons, platform Reuters.

Kemerosotan emas dunia hari ini melanjutkan koreksi tajam yang terjadi pada akhir pekan lalu (20 September), ketika harga emas sempat jatuh hingga 3% ke area $1325.47/troy ons. Penurunan itu sekaligus merupakan koreksi terbesar sejak 12 September lalu. Sedangkan pada sesi siang ini, harga emas (XAU=) tercatat berkisar di area $1321.86/troy ons.  

Koreksi harga emas dunia terutama akibat munculnya kembali isu tapering di pertemuan bulan Oktober menyusul komentar dari Presiden the Fed – St. Louis, James Bullard yang menyebutkan bahwa bank sentral akan mengurangi sedikit stimulus yang telah digelontorkan setiap bulan nya.

Dan koreksi emas tersebut merupakan antisipasi yang paling cepat diantara produk investasi lainnya dalam menanggapi isu tapering bulan Oktober.  Menurut David Lennox, resource analyst Fat Prophets di Sydney, pelaku pasar saat ini mulai terfokus pada apa yang terjadi di bulan depan di mana tapering rencananya akan dilakukan.

Sebagai catatan, harga emas dunia sudah melonjak sekitar 70% terhitung sejak bulan Desember 2008 hingga Juni 2011 terutama setelah munculnya kebijakan bank sentral AS untuk memompa dana ke sistem finansial dengan total nilai melampaui US$ 2 triliun dengan cara membeli surat utang atau obligasi setiap bulannya. Namun langkah tersebut dikhawatirkan akan memangkas nilai mata uang dollar AS. Sedangkan sepanjang tahun ini saja, harga emas sudah merosot sekitar 21% akibat merebaknya spekulasi bahwa bank sentral akan melakukan tapering stimulus moneternya.

 

(Daru Wibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar