Kamis, 23 November 2017

gold-updates  Gold Updates

Ketegangan Geopolitik Laut China Selatan Dongkrak Harga Emas

Kamis, 28 November 2013 20:42 WIB
Dibaca 201

Monexnews -

Harga Emas rebound dari setelah melemah selama 2 hari berturut-turut di hari Kamis seiring meningkatnya permintaan Emas khususnya dari China ditengah tensi ketegangan geopolitik kawasan Laut China Selatan.

Sehari sebelumnya dikabarkan pesawat tanpa awak (Drone) milik AS ditembak jatuh karena dianggap melanggar zona pertahanan yang diklaim oleh China, kemudian AS tetap mengirimkan pesawat bomber B52 nya tanpa pemberitahuan ke Beijing dengan alasan latihan militer ke zona pertahanan baru yang diklaim oleh China dekat pulau sengketa Senkaku.

Klaim territorial Beijing di laut China Selatan tersebut memang controversial, karena telah melampaui zona territorial Korsel, Filipina dan Jepang yang telah diakui pihak internasional, sehingga upaya AS mengirimkan pesawat bomber nya mungkin untuk meredakan kekhawatiran negara Asia terhadap menyusutnya pengaruh AS di Asia setelah kegagalan Obama untuk menghadiri G20 Summit di Bali beberapa waktu lalu.

Setelah AS mengirimkan pesawat bomber B52 nya tanpa ditembak jatuh oleh Beijing, Seoul dan Tokyo pun turut mengirimkan pesawat jetnya ke zona pertahanan yang diklaim oleh China tersebut.

Alhasil permintaan safe haven Emas meningkat tajam, dan memicu rebound harga Emas dari titik terendahnya di kisaran $1224 per troy ons. Terpantau sejauh ini harga spot Emas menguat 0.54% di level $1,244.34 per troy ons, lebih tinggi dibandingkan penutupan sehari sebelumnya di level $1237.63 per troy ons.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar