Rabu, 13 Desember 2017

gold-updates  Gold Updates

Nasib Harga Emas di Tangan Payrolls

Kamis, 4 Juli 2013 11:33 WIB
Dibaca 581

Monexnews - Meski tergolong kuat dalam beberapa hari terakhir, prospek pergerakan harga emas masih belum pasti. Alasan terbesar yang sewaktu-waktu dapat mendepak logam mulia ini ke level rendah tak lain adalah keberlanjutan iklim stimulus bank sentral negara maju. 

Dalam beberapa tahun terakhir, harga emas melonjak berkat sokongan berbagai faktor. Mulai dari inflasi, trend pelonggaran moneter Bank Sentral (khususnya Amerika Serikat) hingga isu krisis hutang yang menerpa benua Eropa. Namun selama tahun 2013, sama sekali tidak terlihat tanda-tanda emas mampu mengulang kejayaannya tahun lalu. Ancaman inflasi masih sangat rendah dan krisis hutang Eropa makin mereda. Artinya harapan satu-satunya bagi komoditi emas untuk menuai kenaikan tinggal bergantung pada iklim stimulus moneteribank sentral.

Selama ini, kebijakan stimulus Federal Reserve mampu menopang harga dan membuat emas makin terjangkau di tengah kinerja kurs Dollar yang tidak terlalu tinggi. Tetapi banyak pelaku pasar memprediksi status emas akan berubah dalam beberapa bulan ke depan, seiring wacana pencabutan stimulus moneter Amerika Serikat. "Emas menghadapi risiko pelemahan di tengah perbaikan kondisi ekonomi Amerika Serikat," ujar Mark To, Head of Research Wing Fung Financial Group. Untuk pekan ini saja, emas masih harus berhadapan dengan rilis data Non-farm Payrolls yang mungkin saja kembali muncul dalam angka yang besar sehingga akan memicu aksi jual lanjutan. Apabila data tenaga kerja Amerika bulan Juni lalu lebih bagus dibanding perkiraan, maka habislah harapan emas untuk menguat lagi. Pada sesi perdagangan Selasa kemarin, emas anjlok sampai 1% sekaligus menandai koreksinya yang pertama dalam tiga sesi terakhir. Namun kinerja logam favorit investor berangsur membaik sehari kemudian dan hari ini terpantau di level $1,255.60 per troy ounce, atau naik 0.2% dibandingkan penutupan sebelumnya. Sementara kontrak emas tercatat di posisi $1253.69 dan cenderung melemah.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar