Rabu, 18 Oktober 2017

gold-updates  Gold Updates

Penghentian Stimulus = Gejolak Emas

Rabu, 19 Juni 2013 10:16 WIB
Dibaca 613

Monexnews - Sebagian besar pelaku pasar keuangan hari ini tersita perhatiannya ke hasil pertemuan Bank Sentral Amerika Serikat. Federal Reserve akan memutuskan apakah fase pelonggaran moneter skala besar terus berlangsung atau dihentikan sebelum 2014. 

Selama ini harga emas melemah konsisten namun tertolong oleh iklim stimulus yang dibentuk oleh otoritas moneter negara-negara maju khususnya Amerika Serikat. Pembelian obligasi sekitar $85 miliar setiap bulannya sukses menggerus nilai tukar Dollar dan membuat harga emas semakin atraktif. Pelemahan kurs USD berdampak pada harga emas yang lebih murah di pasaran.

Namun di pertengahan tahun 2013, peta kebijakan Federal Reserve bisa jadi berubah drastis. Membaiknya rilis data ekonomi domestik memicu ekspektasi terhentinya fasilitas moneter dari Ben S. Bernanke dan kolega. Kalaupun nantinya stimulus tetap digelontorkan, terbuka kemungkinan jumlah pembelian obligasi akan dipangkas. Analis Triland Metals memprediksi volatilitas akan terjadi apabila bank sentral benar-benar mengeluarkan statement yang mengarah pada penghentian stimulus. "Keputusan the Fed akan berimbas serius terhadap pasar logam mulia," demikian menurut Triland dalam laporannya. Terdapat peluang aksi jual besar-besaran sepanjang sisa pekan ini apabila hal itu terbukti. Saat ini harga emas terpantau di level $1365.75 per ons.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar