Sabtu, 18 November 2017

gold-updates  Gold Updates

Permintaan Emas Fisik China Bisa Tentukan Arah Harga Di 2014

Jumat, 17 Januari 2014 17:05 WIB
Dibaca 397

Monexnews - China kini sudah menjadi pemain penting pasar emas dunia. Permintaan emas fisik China di 2013 sudah melampaui permintaan India yang sebelumnya merupakan pembeli emas terbesar dunia. Permintaan emas fisik China di 2013 diyakini sudah mencapai 1000 ton.

Harga emas kembali rebound di awal tahun 2014 ini. Selain karena reposisi portofolio, kenaikan ini disinyalir karena permintaan emas fisik yang tinggi dari China menjelang tahun baru Imlek yang akan berlangsung pada akhir Januari ini.

Permintaan emas fisik dari China bisa mempengaruhi harga emas ke depannya. Menurut Eugen Weinberg, Kepala Tim Komoditi Commerzbank, jika permintaan China bisa terus berlanjut di kisaran 100 ton per bulan seperti di tahun 2013, maka harga emas bisa pulih cepat di 2014 ini. Namun jika permintaan dari China kembali melemah, maka harga emas pun bisa tergelincir kembali.

Hanya dalam jangka waktu 12 tahun sejak pemerintah China menderegulasi peraturan mengenai pembelian emas untuk investasi dan trading, permintaan tahunan di China berhasil melampaui India sebagai pembeli emas No. 1 dunia untuk kali pertama di tahun 2013.

Harga emas dunia mengalami pelemahan sekitar 28% di tahun 2013. Pelemahan ini terutama disebabkan penjualan besar-besaran oleh para fund manager ETF emas di wilayah barat (AS dan Eropa). Daya tarik emas sebagai aset emas terus berkurang seiring dengan terjadinya pemulihan ekonomi di negara maju.

(art)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar