Sabtu, 25 November 2017

gold-updates  Gold Updates

Sentimen Bullish Emas Meningkat Tajam

Selasa, 3 September 2013 22:16 WIB
Dibaca 290

Monexnews -

Hedge fund dan berbagai spekulan lainnya menambah posisi bullish Emas ke level tertinggi sejak January seiring meningkatnya resiko serangan militer AS ke Syria menyebabkan potensi reli Emas berlanjut setelah harga sentuh level tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Manajer investasi dilaporkan menambah posisi net long posisi Emas sebesar 34% menjadi 97,902 kontrak futures dan options per 27 Agustus, volume terbesar sejak 22 January. Sementara pemilik kontrak sell anjlok 37% menjadi 32,088, penurunan terbesar dalam 11 bulan terakhir.

Laporan dari CFTC ini menunjukkan keyakinan para investor setelah Emas anjlok 28% dari level rekor tertingginya yang diraih 2 tahun lalu, namun dalam 4 minggu harga Emas berbalik reli seiring meningkatnya permintaan pada koin, Emas batangan maupun perhiasan. Sepanjang Agustus bahkan Emas membukukan penguatan 6.3% sebaliknya indeks saham AS mengalami penurunan terbesar dalam setahun terakhir.

Selain itu resiko di bulan September, antara lain pemilu Jerman, batasan plafon utang AS yang akan menyentuh limit, pemilu Australia, resiko tapering pada rapat FOMC, menyebabkan para investor melakukan switching ke aset safe haven Emas.

Apalagi di saat bersamaan masih terbuka peluang meningkatnya resiko geopolitik karena Presiden Obama tengah menunggu persetujuan Kongress AS untuk melakukan serangan militer pada target rezim Syria. Sementara Senator Republik yang berpengaruh, John McCain menginginkan serangan militer yang dapat menjatuhkan rezim Assad. Voting kongress kemungkinan baru akan rampung pada 9 September dan masih dapat memicu fluktuasi Emas.

Terpantau sejauh ini harga spot Emas menguat 1.00% di level $1,406.21, menjauhi level terendah hariannya di $1,384.92 per troy ons. Secara teknikal, bias intraday masih bullish potensial menguji area 1430, sebelum akhirnya mengalami koreksi kembali ke support 1372.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar