Selasa, 24 Oktober 2017

gold-updates  Gold Updates

Si Besi Kuning Tertekan Rally USD

Selasa, 28 Mei 2013 13:37 WIB
Dibaca 247

Monexnews - Harga emas dunia nampak terkikis lemah di perdagangan hari Selasa (28/5) terutama terkait dengan penguatan dollar AS (USD) serta rally bursa Asia. Selain itu, tertekannya safe haven emas juga terkait adanya penjualan emas pada produk exchange traded fund (ETF) berbasis emas.

Akumulasi penguatan USD terutama terkait dengan munculnya pembicaraan terhadap rencana reduksi program pembelian obligasi dari Federal Reserve AS yang dapat menarik kebijakan stimulus moneter lebih cepat dari perkiraan. Munculnya isu tersebut membuat setiap dirilisnya data yang positif, memberikan sentimen yang positif pula untuk dolar AS.

Di sisi lain, kepemilikan emas pada SPDR Gold, ETF emas terbesar dunia, tercatat merosot 0,24% atau anjlok 1.016,16 ton pada Jumat lalu. Dimana angka tersebut merupakan yang terendah sejak pertengahan 2009. Padahal di awal tahun ini, kepemilikan emas SPDR Gold baru berjumlah 1.350,50 ton.

Hingga sesi siang menjelang pasar Eropa di buka, harga emas tercatat merosot sekitar 0,3% ke area US$ 1.389,64 per troy ons, dibanding sesi kemarin yang mencapai kenaikkan hingga 0,5% ketika dollar AS melemah dan bursa Eropa bergerak datar saja. Sedangkan sepanjang pekan lalu, si besi kuning menguat hingga 2%, dan merupakan penguatan mingguan terbaiknya dalam bulan ini.

Sebagai catatan, harga emas sampai sekarang masih belum bangkit dari keterpurukannya pada pertengahan April silam. Kala itu emas jatuh hingga ke level terendahnya dalam dua tahun terakhir di harga US$ 1.321,35.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar