Selasa, 12 Desember 2017

Minutes Fed Indikasikan Tidak Ada Stimulus

Rabu, 4 April 2012 10:04 WIB
Dibaca 60

Monexnews - Dirilisnya minutes pertemuan bulan Maret oleh Federal Reserve membuat bursa saham AS anjlok, yield obligasi AS naik, dan dollar menguatm seiring trader beranggapan tidak ada komitmen yang lebih dalam untuk melonggarkan kebijakan. Perlu diakui, bahwa ekspektasi pasar atas indikasi pelonggaran lanjutan dari minutes Fed cukup tinggi belakangan ini, entah itu merupakan QE3 ataupun perpanjangan dari ‘operation twist’. Pada awal bulan Maret, pasar mulai mengurangi ekspektasi QE3 berdasarkan komentar dari gubernur Fed Ben Bernanke bahwa pelonggaran moneter mungkin tidak dibutuhkan dan perekonomian menunjukkan kemajuan.

Namun kemudian laporan ekonomi yang negatif dan komentar baru dari Bernanke pekan lalu mempertahankan sikap Fed yang melonggar, dan membantu meningkatkan ekspektasi adanya pelonggaran lanjutan. Minutes Fed dair pertemuan tanggal 13 Maret lalu menujukkan anggota Fed terus berdiskusi untuk menggunakan stimulus tambahan jika perekonomian memburuk. Minutes juga menunjukkan bahwa data ekonomi belakangan ini tidak banyak mengubah perkiraan untuk 2013, or 2014. Mereka juga masih tetap cemas mengenai sektor perumahan dan pengangguran, meski mengakui adanya kemajuan dalam sektor tenaga kerja. Pekan lalu Bernanke mengatakan membaiknya sektor tenaga kerja mungkin adalah akibat dari kembali dibutuhkannya tenaga kerja yang dulu dipecat ketika krisis keuangan, dan kenaikan ini mungkin tidak dapat bertahan.

Ada juga diskusi mengenai potensi pengetatan fiskal besar-besaran pada awal tahun 2013, sesuatu yang dicemaskan ekonom dan beberapa anggota the Fed sebagai alasan untuk stimulus moneter tambahan. Ekonom juga menyorot penggunaan kata “number” pada minute FOMC di bulan Desember dan “few” di bulan Januari yang menjadi “couple” pada pertemuan bulan Maret yang mengatakan dibutuhkannya akomodasi tambahan.

Fokus pasar pekan ini akan tertuju pada laporan tenaga kerja pemerintah hari Jumat yang diperkirakan akan menunjukkan kenaikan sebesar 200,000 untuk bulan keempat. Data ini akan menjadi bagian penting dari pertimbangan Fed menjelang pertemuan bulan April.

Sementara itu ada ekspektasi bahwa Fed dapat memperpanjang atau mengumumkan berakhirnya program “operation twist” miliknya pada pertemuan tanggal 24-25 April. Program ‘twist’ ini direncanakan berakhir di bulan Juni dan melibatkan pembelian obligasi jangka panjang pemerintah dan menjual obligasi jangka pendek dengan jumlah yang sama, proses yang bertujuan menurunkan yield obligasi jangka panjang.

Beberapa pengamat Fed mempercayai bahwa Fed juga dapat menambah jumlah pembelian aset, yaitu quantitative easing ketiga atau QE3. Dalam QE3 ini, Fed diharapkan akan membeli obligasi kredit perumahan untuk menurunkan yield dan membantu pasar perumahan. Sementara pasar masih terbagi mengenai ekspektasi adanya QE3 pada bulan Juni atau tidak.

Dari sudut  teknikal EURUSD melemah tajam pasca minutes FOMC dirilis, membentuk formasi doule top pada grafik 4 jam dengan target pada 1.3130 setelah melalui support pada area 1.3210 dan 1.3170. Sementara break kembali ke atas 1.3250 dapat membatalkan pola bearish double top.

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar