Minggu, 28 Mei 2017

Minyak Mentah akan naik ke level terdekat $ 54/ barel

Selasa, 11 April 2017 10:55 WIB
Dibaca 278

Monexnews - (Dwi Aviono)

Harga minyak mentah semenjak pembukaan di minggu ini telah naik 93 cent dolar atau sekitar 2 %, mulai buka di $ 52.28/barel dan tinggi di $ 53.21 /barel. disebabkan oleh beberapa hal :

  1. Meningkatnya tensi geopolitik akibat  serangan AS ke wilayah Syiria, dan selanjutnya memicu komentar dari Rusia dan Iran yang merupakan produsen Minyak terbesar dunia, yang akan mengambil tindakan  apabila peristiwa ini terulang lagi dari Amerika serikat.
  2. Sabotase terhadap kilang minyak utama Libya Syarara, sehingga tersendatnya produksi dari Libya untuk memenuhi kebutuhan minyak dunia.
  3.  Ketegangan baru dari pihak Korea Utara yang akan tetap mengintensifkan program senjata nuklir mereka.
  4. Pelemahan dolar AS turut membantu menguatnya harga minyak mentah. Dolar melemah disebabkan komentar dari Janet Yellen sebagai gubernur FED yang menganggap target inflasi belum cukup kuat menjadikan alasan untuk meningkatkan tingkat suku bunya ke level lanjutannya dalam waktu dekat.
  5. OPEC dan Non-OPEC secara konsisten berupaya pembatasan produksinya 1.8 juta barel berhari, yang bahkan berencana akan melanjutkan kebijakan di bulan Juni tahun ini, demi meningkatkan harga yang  masih dianggap terlalu rendah .

Di sisi lain kenaikan harga minyak mentah dunia masih tersendat oleh suplai yang masih terlalu banyak membanjiri persediaan minyak mentah, seperti yang di tunjukan oleh beberapa data sebagai berikut :

  1. Baker Hughes dalam laporannya di Jumat yang lalu melaporkan peningkatan aktifitas pengeboran rigs di Amerika Serikat sebesar 12 rig menjadi 672 rig. Peningkatan aktifitas ini merupakan kenaikan di 12 minggu terakhir.
  2. EIA dalam laporan mingguan tanggal 5 April melaporkan peningkatan stok di 1.6 juta barel di atas minggu sebelumnya yang hanya 0.9 juta barel

 Ada dua bank yang memperdiksi kenaikan terdekat dari level saat ini adalah :

  1.  Citi memprediksi harga beranjak ke $ 54.00
  2. JP Morgan memprediksi harga akan ke $ 54.00

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar