Senin, 29 Mei 2017

FOMC, Manfaatkan Peluangnya di USDJPY

Rabu, 3 Mei 2017 16:47 WIB
Dibaca 264

Monexnews - USDJPY saat ini berada di level tertinggi enam pekan, pulihnya minat terhadap risiko pelaku pasar menjadi salah satu penyebab kenaikan pasangan mata uang ini. Federal Open Market Committee (FOMC) Federal Reserve AS dapat menjadi penggerak signifikan USDJPY, baik melanjutkan penguatan, ataupun berbalik melemah.

Beberapa indikator perekonomian dari AS belakangan ini dirilis variatif, Federal Reserve diperkirakan masih akan mempertahankan suku bunga acuan <1,0%. Yang perlu diperhatikan adalah bagaiman sikap bank sentral AS tersebut terhadap kondisi ekonomi AS, serta proyeksi laju kenaikan suku bunga. 

Pertumbuhan Ekonomi AS Melambat


Di kuartal I 2017, ekonomi AS dilihat dari produk domestik bruto tumbuh 0,7%, dibandingkan dengan kuartal IV 2016 sebesar 2,1%, dan lebih rendah dari perkiraan para ekonom 1,1%

Pasar Tenaga Kerja Melemah


Penambahan jumlah pekerja diluar sektor pertanian, atau non-farm payrolls melemah signifikan di bulan Maret. Ekonomi AS hanya mampu menambah 98.000 pekerja, hampir separuh dari perkiraan para ekonom 194.000. Namun tingkat pengangguran turun ke level terendah 10 tahun sebesar 4,5% dan rata-rata gaji yang menunjukkan peningkatan menjadi kabar baik The Fed.

Selain makroekonomi, Federal Reserve juga kemungkinan akan melihat situasi politik di AS saat ini, serta kebijakan-kebijakan yang diambil Pemerintahan Presiden Donald Trump.

Jika The Fed menunjukkan sikap optimis terhadap perekonomian AS, serta memberikan indikasi suku bunga kemungkinan naik lebih cepat dari perkiraan, USDJPY berpeluang melanjutkan kenaikan. Sebaliknya, jika The Fed melihat adanya risiko yang dihadapai perekonomian AS, besar kemungkinan USDJPY akan bergerak turun.

Potensi Pergerakan


Jika bergerak naik dan melewati resisten 112.50, USDJPY berpotensi melanjutkan kenaikan ke area 113.40. Sebaliknya jika turun dan melewati support 111.60, USDJPY berpeluang menuju area 110.60.

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar