Senin, 20 November 2017

Tembus 1.3000, GBPUSD Berpotensi Lanjutkan Penguatan

Kamis, 18 Mei 2017 16:58 WIB
Dibaca 642

Monexnews -  Untuk pertama kalinya sejak September 2016, GBPUSD bergerak di atas 1.3000. Apiknya data penjualan ritel disaat inflasi Inggris yang tinggi memberikan gambaran kuatnya perekonomian Inggris.

Pasca pengumuman pemilu bulan Juni mendatang oleh Perdana Menteri Inggris, Theresa May, GBPUSD langsung menguat tajam. GBPUSD bahkan masih mampu bertahan dekat level tertinggi 8 bulan meski Bank of England (BoE) mengindikasikan belum akan menaikkan suku bunga dalam dua tahun ke depan.

Inflasi
Inflasi di Inggris bulan April dilaporkan sebesar 2,7% (year-on-year), menjadi level tertinggi sejak September 2013. Jika sebelumnya kenaikan inflasi akan berdampak positif bagi kurs poundsterling, kali ini malah berdampak negatif melihat BoE yang belum akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat.

Data Tenaga
Rata-rata gaji termasuk bonus periode Januari - Maret naik 2,4%, namun untuk pertama kalinya sejak dua setengah tahun terakhir kenaikan gaji lebih rendah dari inflasi. Jika posisi tersebut terus berlanjut, dikhawatirkan daya beli warga Inggris kemungkinan akan menurun, dan dapat membebani pertumbuhan ekonomi Inggris.

Pada periode yang sama, tingkat pengangguran turun menjadi 4,6% yang merupakan level terendah dalam 42 tahun terakhir.

Penjualan Ritel
Di bulan April, penjualan ritel Inggris mencatat kenaikan sebesar 2,3%, hampir dua kali lipat dari prediksi para ekonom sebesar 1,2%. Persentase tersebut juga menjadi kenaikan terbesar sejak Januari 2016.

Data penjualan ritel tersebut sekaligus meredakan kecemasan akan turunnya daya beli warga Inggris akibat tingginya inflasi, bahkan lebih tinggi dari persentase kenaikan gaji.

Laporan BoE dihadapan Parlemen Inggris 23 Mei mendatang layak menjadi perhatian, untuk melihat apakah ada perubahan dalam pandangan mengenai suku bunga, pasca rilis data-data di pekan ini, dan mengingat satu anggota Monetary Policy Committee konsisten mengusulkan kenaikan suku bunga.

Potensi Pergerakan GBPUSD


GBPUSD berpotensi melanjutkan penguatan jika mampu bertahan di atas Level 1.3000, dengan target ke area 1.3125, atau lebih jauh ke 1.3250.
Sebaliknya jika kembali ke bawah 1.3000, GBPUSD kemungkinan akan terkoreksi ke area 1.2800.

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar