Jumat, 23 Juni 2017

Harga Minyak Mentah Masih Tertekan Oleh Produksi Yang Melimpah

Rabu, 31 Mei 2017 13:40 WIB
Dibaca 205

Monexnews - (Dwi Aviono)

Harga minyak saat ini melemah -1%  dari pembukaan senin $49.91 di kisaran $49.36. Mingu lalu harga sempat menyentuh harga tertinggi bulan Mei di $ 51.98, kenaikan minyak tempo lalu lebih banyak disebabkan pelaku pasar berspekulasi tentang kebijakan baru yang akan di ambil dari pertemuan OPEC dan Rusia tanggal 25 Mei, mengenai ekpektasi perpanjangan waktu dan jumlah pembatasan produksi lanjutan. Pada kenyataanya hasil dari pertemuan tersebut nampaknya mengecewakan pasar, akibat perpanjangan memang dilaksanakan hingga maret 2018, namun jumlah pembatasan produksi masih tetap 1.8 juta barel perhari. Jumlah pembatasan yang tidak bertambah menambah kekhawatiran pasar akan  tidak efektifnya OPEC dalam mengendalikan harga, mengingat besaran 1.8 juta barel perhari juga menjadi batasan di kebijakan OPEC dan Rusia di periode sebelumnya yang belum mampu menaikan harga secara signifikan. Seperti yang kita ketahui  OPEC memasok produksi hanya 40 % dari produksi minyak global.

Di sisi lain, laporan produksi minyak shale Amerika Serikat pun terus mengalami kenaikan 1.2 juta barel perhari yang bahkan akan naik lagi apabila melihat dari semakin aktifnya pengeboran lepas pantai yang saat ini tercatat naik +2 rig dari minggu sebelumnya menjadi 722 rig di laporan Baker Hughes tanggal 26 Mei 2017. S&P Global platts untuk perhitungan rig aktif juga melaporkan terjadi kenaikan 107 % dari April 2016 ke April 2017. EIA (Energy Information Administration) di bulan April meng estimasikan total produksi minyak mentah AS 9.1 juta barel per hari. 

Melihat perbandingan data produksi produsen-produsen minyak mentah di atas, maka wajar pandangan pesimis akan kenaikan harga setelah pertemuan OPEC dan Non-OPEC yang lalu masih membayangi penurunan di harga minyak mentah. Bahkan di Senin 29 Mei 2017, Goldman Sach merevisi prediksi harga minyak mentah WTI untuk rata-rata tahun 2017 dari $54.80 turun menjadi $ 52.92. 

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar